Hujan deras guyur Tasikmalaya, 6 unit alat berat tertimbun material -->

Breaking news

Live
Loading...

Baca Kami di Helo

Hujan deras guyur Tasikmalaya, 6 unit alat berat tertimbun material

Monday, 12 September 2022

dok. istimewa/ Bendungan utama yang sedang dibangun dikabarkan mengalami kerusakan akibat tersapu banjir, (12/9).


Tasikmalaya -- Hujan deras yang mengguyur wilayah Tasikmalaya terjadi Minggu petang (11/9) hingga Senin dinihari (12/9) berdampak terhadap pembangunan bendungan Leuwikeris di Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya.


Bendungan utama yang sedang dibangun dikabarkan mengalami kerusakan akibat tersapu banjir dari aliran sungai Citanduy yang tiba-tiba membesar.


Selain itu sejumlah alat berat sempat terbawa hanyut beberapa meter dan tertimbun material banjir. Sejumlah sepeda motor juga ikut terbawa banjir.


Dari foto dan video yang beredar terlihat 6 unit alat berat tertimbun material yang terbawa sungai. Timbunan material yang menjadi bagian konstruksi bendungan juga terlihat jebol diterjang air.

Sebagaimana diketahui pembangunan bendungan itu sebelumnya berjalan lancar karena arus sungai dialihkan ke saluran atau terowongan pengalih.


Namun kemarin saat hujan deras mengguyur, air tak tertampung di saluran pengalih dan masuk ke area pekerjaan pembangunan bendungan yang menjadi salah satu proyek strategis nasional itu.


"Ya banjir tadi malam berdampak ke pekerjaan. Airnya besar," kata Humas proyek bendungan Leuwikeris Rahmat, Senin (12/8/2022).


Dia mengatakan alat berat tidak sempat dievakuasi karena memindahkan alat berat butuh waktu. "Alat berat kan lama ya," kata Rahmat.


Terkait dampak kerusakan Rahmat mengaku belum bisa memberikan penjelasan. "Nanti dikirim rilisnya," kata Rahmat.


Rahmat mengatakan secara total progres pembangunan bendungan Leuwikeris sudah mencapai 82 persen. "Kalau progres pembangunan keseluruhan sudah 82 persen," kata Rahmat. (dw/*)