Mengenal Patani Selatan Thailand Secara Terperinci -->

Breaking news

Live

Baca Kami di Helo

Mengenal Patani Selatan Thailand Secara Terperinci

Thursday, 29 September 2022

Photo : Peta Patani (kuning), serta perbatasan diantara negara Thailand (oreng), dan negara Malaysia (hijau).


Jakarta – Gentar, salah seorang mahasiswa asal Patani (Selatan Thailand) ingin menjelaskan mengenai Patani secara terperinci, supaya kita semua boleh mengetahui akan data dan fakta yang sebenatnya.


Selatan Thailand merupakan wilayah yang meliputi Pattani, Yala, Narathiwat, Setul dan sebahagian dari Songkhla. Wilayah tersebut adalah bagian dari 76 Changwat (wilayah) di seluruh negara Thailand. Jumlah penduduk di wilayah tersebut mencapai 12% dari seluruh penduduk negara Thailand yang berjumlah 60.000,000 jiwa.


Penulis merasakan hal ini sangat penting untuk disampaikan, supaya masyarakat dunia bisa mengetahuinya, dan boleh membezakan diantara masyarakat Islam Patani dengan masyarakat Budha Thailand.


Manakala, komposisi penduduk di wilayah tersebut terdiri dari etnis Melayu Pattani, etnis Siam, etnis Cina, dan sebagian kecil etnis Arab dan India. Jumlah total 2,659,958 jiwa, penduduk beretnis Melayu beragama Islam 2,145,040 jiwa, Siam dan Cina semuanya 514,918 jiwa. Jika dibandingkan dengan jumlah keseluruh penduduk Thailand, maka orang Melayu Patani menduduki 4%.


Namun Melayu Patani merupakan mayoritas penduduk di wilayah tersebut, kebanyakkan tinggal diprovinsi Pattani, Yala, Narathiwat, Setul, dan empat daerah Songkla. Luas wilayah tersebut adalah 16.495 kilometer persegi dari 70,000 kilometer persegi.


Negeri Patani yang mempunyai keluasan seluas 16,495 km persegi, mengikut pembagian wilayah oleh kerajaan Siam/Thailand sekarang terdiri dari wilayah Pattani, Yala, Narathiwat, Setul dan sebagaian dari Songkhla/Senggora (Patani Barat; Canak/Chenak, Thepha/Tiba, Sabayoy/Sebaya, Nathawi/Nawi dan Sadao/Sedawa), yaitu :-


1. Wilayah Pattani (Patani), keluasan wilayah 1,940 km persegi, mempunyai penduduk 671,615 orang, 88% penduduk berketurunan Melayu dan beragama Islam.


2. Wilayah Yala (Jalo), keluasan wilayah 4.521 km persegi, yang mempunyai penduduk 500, 814 orang, 80% penduduk berketurunan Melayu dan beragama Islam.


3. Wilayah Narathiwat (Menara), keluasan wilayah 4.475 km persegi, mempunyai penduduk 757,397 orang, 82% penduduk berketurunan Melayu dan beragama Islam.


4. Wilayah Satun (Setul), keluasan wilayah 2.479 km persegi, mempunyai penduduk 305, 879 orang, 70% penduduk berketurunan Melayu dan beragama Islam.


5. Wilayah Sungkhla (Patani Barat; terdiri daerah/distrik Canak/Chenak, Thepha/Tiba, Sabayoy/Sebaya, Nathawi/Nawi dan Sadao/Sedawa), keluasan wialayah 3,080 km persegi, mempunyai penduduk 424,253 orang, 80% penduduk berketurunan Melayu beragama Islam.


Demikian, penulis berharap dengan sebesar hati untuk memahami lebih terperinci terkait wilayah Selatan Thailand, semoga data ini bermanfaat buat semua masyarakat dunia internasional yang ingin mengetahuinya, dan peduli terjadap penderitaan masyarapat Patani yang sering ditindas oleh pemerintah Thailand selama ini.

Penulis : Gentar, mahasiswa asal Patani (Selatan Thailand).