Langkah Nasdem deklarasi usung Anies jadi Capres 2024, disebut berbeda haluan -->

Breaking news

Live

Baca Kami di Helo

Langkah Nasdem deklarasi usung Anies jadi Capres 2024, disebut berbeda haluan

Sunday, 23 October 2022

dok. istimewa [kolase]/ Manuver NasDem yang hendak menjalin koalisi dengan Demokrat dan PKS di Pilpres 2024. Perlu diketahui, kedua parpol ini berada di luar pemerintahan Jokowi dan Ma'ruf Amin, (23/10).


Jakarta - Relawan Jokowi mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar me-reshuffle kabinet usai NasDem mendeklarasikan pengusungan eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai bakal capres 2024. Usulan itu diklaim dapat sambutan positif dari Jokowi.


"Adanya dinamika politik deklarasi capres oleh Partai NasDem dengan mengusung Anies Baswedan, menunjukkan bahwa pilihan politik NasDem telah berbeda haluan dengan spirit koalisi pemerintahan saat ini," kata Ketua Umum Arus Bawah Jokowi (ABJ) Michael Umbas dalam keterangan tertulis, Minggu (23/10/2022).


Umbas menyoroti manuver NasDem yang hendak menjalin koalisi dengan Demokrat dan PKS di Pilpres 2024. Perlu diketahui, kedua parpol ini berada di luar pemerintahan Jokowi dan Ma'ruf Amin. "Apalagi arah politik koalisi NasDem mengusung capres Anies Baswedan akan menggandeng PKS dan Demokrat dimana garis politik yang jelas diametral dengan koalisi pemerintahan Jokowi-Amin," imbuh dia.


Umbas menyinggung pernyataan Jokowi di acara HUT ke-58 Golkar beberapa waktu lalu. Menurut Umbas, Jokowi mencermati dinamika pencapresan termasuk bakal capres yang diusung NasDem.


"Presiden Jokowi sudah secara terbuka menyampaikan penilaiannya di acara Golkar, Jumat (20/10), bahwa deklarasi capres selayaknya harus cermat, tidak sembrono, dan calon yang dipilih pun harus yang terbaik karena menyangkut nasib 270 juta rakyat Indonesia," katanya.


"Analogi tentang figur seorang presiden laksana maskapai penerbangan memilih Pilot yang diuraikan secara detail oleh Pak Jokowi, menggambarkan Pak Jokowi sangat serius mencermati dinamika pencapresan termasuk calon yang telah diusung NasDem," lanjut dia.


Lebih lanjut, Umbas mengatakan pihaknya menyampaikan masukan dan dukungan kepada Jokowi agar segera melakukan reshuffle. Dia mengklaim Jokowi merespons ihwal itu.


"Kami relawan telah menyampaikan masukan serta dukungan penuh kepada Presiden agar segera melakukan reshuffle. Presiden merespons positif dan kami berkeyakinan Presiden Jokowi akan menjalankan hak prerogatifnya melakukan reshuffle kabinet. Soal kapan, kami tentu berharap dalam waktu dekat ini," ujar dia.


"Presiden Jokowi sudah memberi sinyal yang jelas, tergambar baik dari ucapan, analogi serta gestur tubuh. Sekarang tinggal momentum yang tepat, kita tunggu saja," sambungnya. (dw/*)