Presiden Jokowi luncurkan metaverse IKN, Pedasnya sindiran Dokter Tifa ,... -->

Breaking news

Live

Baca Kami di Helo

Presiden Jokowi luncurkan metaverse IKN, Pedasnya sindiran Dokter Tifa ,...

Sunday, 30 October 2022


dok. istimewa/ Diketahui, peluncuran tersebut dilakukan di Djakarta Theatre, (30/10).


Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan versi metaverse IKN Nusantara yang diberi nama Jagat Nusantara. Kritikus Dokter Tifauzia Tyassuma dalam unggahannya kembali menyindir program tersebut.


“Ketika orang bodoh yang merasa dirinya pintar, diperbodoh untuk melakukan hal di luar kemampuan isi pikirannya,” ucapnya dalam unggahan, Sabtu, (29/10/2022).


Diketahui, peluncuran tersebut dilakukan di Djakarta Theatre, Jakarta, Jumat (28/10/2022) kemarin.


Jokowi mengatakan, hadirnya Nusantara dalam metaverse dapat memupuk rasa kepemilikan serta kebangsaan terhadap Nusantara.


“Terlebih anak-anak muda dari Sabang sampai Merauke dapat berpartisipasi aktif untuk membantuk kota masa depan Indonesia sesuai aspirasi mereka secara virtual,” tutur orang nomor satu Indonesia ini.


Sementara itu, dalam keterangan tertulisnya, Founding Chairman Jagat Wishnutama Kusubandio menyampaikan, Jagat adalah platform media sosial masa depan, platform e-commerce masa depan, serta platform olahraga dan hiburan masa depan.


"Kami juga sedang mempersiapkan platform ini untuk menjadi the next real estate platform untuk IKN melalui tokonisasi lahan. Bayangkan jika kita dapat memiliki lahan virtual yang juga mewakili kepemilikan lahan yang sesungguhnya nanti di IKN," kata Wishnutama.


Jagat dapat digunakan untuk mengadakan rapat, pertemuan, nonton bareng film, konser virtual, pertunjukan, memamerkan karya digital, serta interaksi lainnya secara imersif melalui telepon genggam dan web.


“Dengan teknologi kita dapat menghadirkan engagement atau kegiatan kota nyata di masa depan ke dalam dunia virtual pada hari ini. Rasanya ini adalah inisiatif yang pertama di dunia,” tandasnya. (dw/*)