Selama Ops Zebra Lodaya di KKB polisi belum menerapkan penilangan secara elektronik -->

Breaking news

Live
Loading...

Selama Ops Zebra Lodaya di KKB polisi belum menerapkan penilangan secara elektronik

Monday 3 October 2022

dok. istimewa/ Selama 14 hari ke depan sejak tanggal 3 sampai 16 Oktober bakal dilaksanakan Operasi Zebra Lodaya 2022, (3/10).


Bandung Barat -- Pengendara motor dan mobil yang melintas di wilayah Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat diingatkan agar mematuhi aturan berlalulintas dan membawa kelengkapan surat kendaraan.


Hal itu karena selama 14 hari ke depan sejak tanggal 3 sampai 16 Oktober bakal dilaksanakan Operasi Zebra Lodaya 2022 dengan sasaran pengendara yang tak disiplin berlalu lintas.


Kapolres Cimahi AKBP Imron Ermawan mengatakan selama Ops Zebra Lodaya pihaknya belum menerapkan penilangan secara elektronik namun masih melakukan penilangan secara manual.


"Kita ke depankan preemtif, tapi tetap menindak dengan penilangan.Di Ops Zebra Lodaya ini kami belum menerapkan tilang elektronik karena alatnya belum ada dan belum terpasang," ujar Imron kepada wartawan di Mapolres Cimahi, Senin (3/10/2022).


Pihaknya menerjunkan 134 personel untuk pelaksanaan Ops Zebra Lodaya tersebut.Sejumlah titik bakal menjadi fokus pihak kepolisian melaksanakan Ops Zebra Lodaya, mulai dari kawasan Cimareme, Padalarang, hingga Lembang yang ramai dikunjungi wisatawan.


"Kekuatan yang diterjunkan 134 personel Lantas dan fungsi lainnya dibantu Subdenpom dan Dinas Perhubungan Cimahi dan KBB. Titik fokus pelaksanaannya di semua titik di wilayah Cimahi dan Bandung Barat," tutur Imron.


Sementara itu Kasatlantas Polres Cimahi mengatakan sasaran Ops Zebra Lodaya 2022 tersebut yakni kendaraan khususnya roda dua yang menggunakan knalpot bising. Termasuk bikers yang biasa melaksanakan sunday morning ride (Sunmori) di Lembang.


"Untuk motor berknalpot bising jadi sasaran Zebra Lodaya 2022 ini. Termasuk yang biasa Sunmori ke Lembang di hari Sabtu dan Minggu karena memang mengganggu ketertiban," ucap Sudirianto.


Sasaran lain dalam Ops Zebra Lodaya 2022 ialah kendaraan yang overload, pengendara motor berbonceng tiga, tidak memakai helm, dan tidak membawa kelengkapan surat berkendara.


"Termasuk untuk pelanggar fatal lainnya seperti yang melawan arus. Tujuannya kan untuk menekan potensi kecelakaan di jalan raya dan mendisiplinkan pengendara," kata Sudirianto. (dw/*)