Pembangunan Jembatan Didusun Sukamaju Tidak Ada Papan Nama Diduga Proyek Siluman -->

Breaking news

Live

Baca Kami di Helo

Pembangunan Jembatan Didusun Sukamaju Tidak Ada Papan Nama Diduga Proyek Siluman

KAPERWIL MEDIA INVESTIGASI JATIM
Monday, 7 November 2022


Malang - Pembangunan jembatan yang menghubungkan Dusun lebaksari ke dusun sukamaju Desa lebakharjo Kecamatan Ampel gading Kabupaten Malang Diduga proyek “Siluman”, pasalnya tidak ada terpasang papan nama proyek, padahal kegiatan tersebut sudah berjalan perkiraan 90% (07/11/2022).


Akibatnya masyarakat setempat sebagai penerima manfaat bangunan itu sulit untuk menjalankan haknya untuk mengawasi Pembangunan tersebut sesuai yang diamanahkan oleh undang-undang, karena tidak mengetahui jumlah Pagu Anggaran dan Volume kegiatan fisik juga sumber dananya.


Menanggapi hal tersebut BPAN(Badan Penelitian Aset Negara)BASUS D88 Saiful Syah via WhatsAppnya kepada wartawan media ini harusnya semua pihak terutama dari pupr kabupaten Malang menyampaikan kepada pihak ketiga dalam hal ini kontraktor sebelum melaksanakan kegiatan atau memulai proyek papan informasi terpasang terlebih dahulu, sehingga masyarakat bisa ikut berpartisipasi dalam proses pembangunan,sehingga hasilnya bisa maksimal itu yang di sampaikan oleh presiden RI Jokowi Widodo.


Selain itu apa yang kita sampaikan itu sesuai dengan amanah undang-undang  keterbukaan Informasi Publik(KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan 70 Tahun 2012, dimana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang di biayai negara wajib memasang papan nama proyek tuturnya.



Selain itu wartawan media ini konfirmasi kesalah satu perangkat desa Lebakharjo Musthofa via telepon selulernya menyampaikan bahwa dirinya tidak tau anggaran dari mana tapi yang saya tau sebelum dibangun disurvei oleh konsultan, harusnya ada pemberitahuan kalau ada kegiatan kepada saya sehingga kalau ada pertanyaan seperti ini saya bisa menjawab tuturnya. Bersambung ( dl)