Samco Berharap, Atlet Catur Lumajang Kedepan Bisa Menggondol Lebih Dari 2 Medali Emas -->

Breaking news

Live

Baca Kami di Helo

Samco Berharap, Atlet Catur Lumajang Kedepan Bisa Menggondol Lebih Dari 2 Medali Emas

KAPERWIL MEDIA INVESTIGASI JATIM
Sunday, 6 November 2022


Lumajang - MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Lumajang Jatim menggelar perlombaan catur se Kabupaten Lumajang dan sekitar. Pelaksanaannya bertempat di Gedung Sujono Lumajang,Minggu  (6/11/2022)

Lomba catur yang di adakan oleh Samco Ketua Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila Kabupaten Lumajang dan ketua Umum Percasi Kabupaten Lumajang periode 2022 s.d 2026.
Agus Setyiawan (Samco) menyampaikan bahwa kegiatan hari ini adalah rangkaian kegiataan yang diadakan sebelumnya yaitu dalam rangka memperingati HUT Pemuda Pancasila(PP) yang ke 63 dan Sumpah Pemuda.
Agus Setiawan secara resmi membuka Kejuaraan Catur untuk umum dan di ikuti 150 peserta baik yang  Master dan Non Master.
Samco memberikan apresiasi atas dilaksanakannya kejuaran catur terbuka untuk umum, karena kejuaraan ini merupakan sumbangsih besar dan memberi manfaat bagi perkembangan catur di Lumajang.
"Terus laksanakan  turnamen seperti ini, lakukan secara rutin dan berkelanjutan, sehingga akan melahirkan pecatur handal yang bisa berbicara di level nasional bahkan Internasional,"ucap Samco.
Selanjutnya Samco mengatakan, "permainan catur dalam bahasa indonesia dikenal dengan catur yang dalam bahasa sansekerta berarti empat. makna catur adalah  4 sudut dalam papan permainan," ungkapnya.
Tidak salah jika permainan ini merupakan manivestasi dari simbol kerajaan dalam setiap bidak catur yang dimainkan. Permainan ini dikenal dari India Zaman Kekaisaran Gupta akhirnya di populerkan oleh Bangsa Eropa.
“Dalam bermain catur yang terpenting adalah mengatur dan menciptakan strategi untuk memenangkan. dengan bermain catur energi pikiran terus bekerja, sehingga proses aktivasi otak dan daya pikir selalu dilatih, maka sensitifitas kecerdasan pun akan terus meningkat,” jelasnya.
"Denga melalui kerja keras dan latihan yang tekun, seorang atlet ingin menjadi juara, maka ia harus tekun latihan. Harus bekerja keras untuk meraihnya,"harapnya. Juga hadir Ketua Koni Kabupaten Lumajang H. Ngateman,S.H dan Yuli Kadis Pariwisata  Yuli,serta para koti dan seluruh anggota Pemuda Pancasila se Kabupaten Lumajang.
Agus Setyiawan berharap pada atlet catur Lumajang "kalau dulu kita mendapatkan emas 2, sekarang kalau bisa lebih dari 2,selain itu nanti di akhir tahun akan diadakan perlombaan-perlombaan untuk catur untuk memotivasi atlit," tutup Samco Ketua MPC PP. dan Ketum Percasi Kabupaten Lumajang (fz)



dok. istimewa