RAKER FORWAN SOROT KOMPETENSI DAN KESEJAHTERAAN -->

Breaking news

Live
Loading...

RAKER FORWAN SOROT KOMPETENSI DAN KESEJAHTERAAN

Friday 14 October 2016

Raker FORWAN  Sorot Kompetensi dan Kesejahteraan

Sukabumi, Media Investigasi Peningkatan kompetensi dan kesejahteraan wartawan, menjadi titik perhatian bagi perkumpulan Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia, “Selain masalah profesionalisme, kita masih menyaksikan realitas rendahnya kesejahteraan bagi wartawan. 

Akibatnya wartawan sering mendapat masalah dalam menjalankan tugas dan profesinya,” kata Ketua Umum Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia, Sutrisno Buyil, ketika menyampaikan kata sambutan dan laporan pertanggung jawaban organisasi, pada Rapat Kerja Forwan, di Sukabumi, Jawa Barat, Jum’at (07/10/2016).

Sesuai semangat pendiriannya, lanjut Sutrisno Buyil, Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia, diharapkan dapat menjalankan misinya sebagai wadah berkontribusi nyata dalam memecahkan berbagai problem kemanusiaan.


Secara garis besar, menurutnya, ada tiga hal mendasar yang menjadi konsentrasi apa yang dilakukan Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia, yaitu terkait dengan masalah pendidikan, pengembangan dan penguatan organisasi, serta kesejahteraan wartawan. Tiga hal ini pada dasarnya saling terkait, saling menutupi, dan saling melengkapi.

“Ketiga program ini menjadi prioritas utama yang kami kemas sebagai sarana pembelajaran bagi anggota dalam berorganisasi. Kita tidak bisa menutup mata bahwa kondisi di lapangan menunjukkan tingkat kompetensi dan kesejahteraan anggota masih perlu ditingkatkan,” papar Sutrisno Buyil.

Program bersifat sosial kreatif, kata Buyil, diharapkan dapat menjadi ciri dan semangat Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia, sebagai perkumpulan profesi. “Sebagai wadah sosialisasi dan interaksi, sarana pembelajaran, dan peningkatan kemampuan kreatif yang mengarah pada kerja dan aplikasi nyata. Kami juga senantiasa mendorong para anggota agar tetap terikat pada komitmen yang menjadi ciri institusi media masing-masing,” ujarnya.

Rapat Kerja Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia, berlangsung selama tiga hari, di Vila 27 Parung Kuda Sukabumi, Jawa Barat, Jum’at – Minggu, (07-09/10/2016).

Selain Anggota dan pengurus, rapat kerja juga dihadiri para Dewan Kehormatan FORWAN, antara lain; Rahayu Kertawiguna (Chief Executive Officer Label Nagaswara Music), Agi Sugiyanto (Chief Executive Officer Pro Aktif), Dewan Pertimbangan FORWAN, Kamsul Hasan, SH, dan Ir. Setiabudi A.C. Nurdin, serta Dewan Pengawas FORWAN, Amazon Dalimunthe, dan John Yoseph Sinyal.

Hadir juga sebagai narasumber seminar dan pembekalan, Harry Koko Santoso, Chief Executive Officer Deteksi Production, dan Waskito, Ketua Lembaga Manajemen Kolektif Royalty Anugerah Indonesia (LMK-RAI), yang juga Sekjen Persatuan Artis Musik Melayu-Dangdut Indonesia (PAMMI).

Pelaksanaan Rapat Kerja pertama ini, menurut Ketua Pelaksana Rapat Kerja, Teguh Supriyatno, merupakan mandat anggota. Hal ini sebagaimana tertuang dalam Surat Rekomendasi Tim Ad Hoc FORWAN (Forum Wartawan Hiburan) Indonesia, nomor : 01/AD-HOC/FORWAN/I/2016, bahwa Ketua Umum terpilih segera melaksanakan Rapat Kerja (Raker), untuk menyusun program kerja organisasi secara efektif dan produktif.

Dalam rangka penyempurnaan manajemen, dan kepengurusan organisasi, FORWAN sebelumnya telah membenahi struktur organisasi dan kepengurusan FORWAN masa bakti 2016 – 2020.  “Saat ini anggota Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia, tidak kurang dari 110 anggota.

Mereka saat ini bekerja di berbagai media cetak, radio, televisi dan media online, yang berbasis di daerah dan Ibukota,” terang Ketua Bidang Keanggotaan, Kaderisasi, dan Pendidikan FORWAN, Bambang Priambodo, menambahkan.

Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesi,  juga telah memiliki asas legalitas berdasarkan Akta Pendirian dengan Nomor : 58,- Tertanggal 15 Pebruari 2016 melalui Notaris/PPAT, H. Alvin Nugraha, SH, M.Kn, LLM, serta Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, dengan Nomor : AHU-0019403.AH.01.07 Tahun 2016, tentang Pengesahan Pendirian Badan Hukum Perkumpulan Forum Wartawan Hiburan Indonesia.

Editor; Rosyid