BKSP Kerja Sama Tiga Provinsi Dalam Pembangunan -->

Breaking news

Live
Loading...

BKSP Kerja Sama Tiga Provinsi Dalam Pembangunan

Wednesday 10 January 2018

Banten, Serang (MI)- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten bersama DKI Jakarta dan Jawa Barat akan memperkuat kerjasama berbagai bidang pembangunan melalui satu wadah Badan Kerja Sama Pembangunan (BKSP) Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Cianjur (Jabodetabekjur).

BKSP Kerja Sama Tiga Provinsi Dalam Pembangunan.

Dalam Sambutannya Gubernur Banten, Wahidin Halim, mengatakan bahwa kerja sama tiga provinsi, yakni Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat melalui BKSP sebetulnya pernah terdistorsi dan mengendur karena banyak kerja sama yang sudah ditandatangani.

"Akan tetapi, daerah masing-masing sibuk mengurus diri sendiri. erharap untuk ke depan, BKSP bisa lebih serius mamanfaatkan kerja sama antar daerah tersebut. Banten ada potensi, Jakarta kekurangan air, nanti ada Waduk Karian, itu menghasilkan debit air luar biasa,” kata Wahidin Halim.

Lanjut, Wahidin Halim mengatakan bahwa Banten siap kerja sama di berbagai bidang, seperti pertanian dan perikanan, menurutnya bisa memenuhi kebutuhan warga DKI Jakarta.

“Jakarta jangan perlu lagi kerja sama Sulsel cari ikan dan udang. Ke sini ada kita. Supply dan demand bisa kita berikan dalam rangka kerja sama,” kata Wahidin.

Selain itu, WH menambahkan bahwa ke depan antar daerah yang masuk BKSP Jabodetabekjur agar tidak saling mengalahkan.

"Daerah-daerah penyangga Ibu Kota diharapkan bisa saling bersinergi untuk pembangunan dan kesejahteraan warganya," ujar WH saat serah terima jabatan Kepala BKSP Jabodetabekjur dari Gubernur Banten kepada kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pendopo Gubernur Banten yang juga dihadiri perwakilan kepala daerah se-Jabodetabekjur.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa lewat BKSP, kerjasama antara tiga provinsi ini dapat berjalan dengan baik. Masing-masing daerah diminta agar tidak mementingkan kepentingan pembangunan daerahnya saja.

BACA JUGA : Miss World 2017 Achintya Nilsen Ucap Terimakasih Kepada Seluruh Masyarakat Indonesia

"Banyak yang bisa dikerjasamakan antara tiga daerah tersebut mulai dari urusan lingkungan hidup, kependudukan, perdagangan, transportasi, dan lainnya," ujar Anies Baswedan.

Lanjut, Anies mengatakan melalui BKSP tersebut, tema-tema yang memiliki implikasi lintas wilayah bisa dicarikan solusi dan koordinasi antarwilayah, BKSP ini juga dijadikan forum komunikasi dan “Hearing” untuk mencari solusi dan penyelesaian masalah bersama antar wilayah.

“Kita harus melihat ini bukan dalam kepentigan daerah masing-masing. Seragamnya sama, kementerian pembinanya sama, negaranya sama, undang-undangnya sama. Oleh karena itu, wajib kita kerja sama dengan baik,” kata Anies Baswedan.
(MI/Dhe/Sar)