Embung Tirta Taman Edukasi Terbuka -->

Breaking news

Live
Loading...

Embung Tirta Taman Edukasi Terbuka

Wednesday 14 February 2018



Oleh : Indra
PURBOLINGGO (MI)- Bak jamur yang tumbuh di saat musim penghujan, dalam dua tahun terakhir berbagai objek wisata baru mulai banyak bermunculan diberbagai sudut wilayah Bumei Tuwah Bepadan, yakni salah satunya Lokasi Wisata Embung Tirta Kesuma di Desa Tanjung Kesuma Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur, Rabu (14/02/2018).

Kendati masih dalam tahap proses pengerjaan dan baru selesai kurang lebih sekitar lima puluh persen dari master plan awal pengembangan, Embung Tirta Kesuma sudah menunjukan keelokannya sebagai tempat wisata.

Sebagai taman edukasi terbuka, Embung Tirta Kesuma juga menyuguhkan paket hiburan berupa berkeliling embung sepanjang kurang lebih 300 m dengan menggunakan perahu dayung,  di tambah lagi Paket Jungle Track untuk memberikan pengenalan keragaman hayati, serta gubuk gubuk baca bagi para penghobi literasi dan wahana panahan bagi mereka yang menyukai olahraga memanah.

Dalam kawasan Embung Tirta Kesuma juga menyediakan area untuk berselfie ria salah satunya yakni miniatur Menara Eiffel di tengah embung yang hanya dapat di jangkau dengan menggunakan perahu dayung bila ingin berselfie.

Menurut Suyatno selaku Direktur Badan Usaha Milik Desa Arta Jaya Kesuma sekaligus Pembina Kelompok Sadar Wisata Desa Tanjung Kesuma, “sebetulnya Embung Tirta Kesuma konsepnya adalah sebagai kawasan edukasi, sedangkan fungsi wisata merupakan ikutan dari konsep dasar taman terbuka edukasi. Makanya kami saat ini lebih cenderung mengajak komunitas komunitas untuk melakukan kegiatan disini, namanya literasi alam terbuka”, jelasnya.

Kawasan Wisata Embung Tirta Kesuma sendiri mempunyai luas wilayah kurang lebih 5 hektar yang terbagi dari kawasan air berupa embung dan kawasan darat berupa taman edukasi terbuka, jungle track dan wahana panahan.

“Pariwisata desa ini adalah berangkat dari program Bupati Lampung Timur, Chusnunia sekaligus kemauan dari masyarakat yang ingin mempunyai destinasi wisata. Untuk itu kami jemput bola dalam program ini dengan bergotong royong bersama ibu bupati”, tutur Sugiyanto selaku Kepala Desa Tanjung Kesuma.

Ditambahkan oleh Sugiyanto, “bahwa untuk tempat pariwisata yang pertama dan utama adalah keamanan dan kenyamanan. Dan alhamduliilah sejauh ini disini untuk masalah keamanan sangat kondusif, artinya sangat mendukung untuk adanya sebagai tempat wisata”, tegasnya.

Baca Juga : Presiden, Media Massa Akan Terus Digeser Media Digital

Terungkap bahwa sukses dan berjalannya dalam pengelolaan Taman Terbuka Edukasi Embung Tirta Kesuma saat ini adalah salah satunya berkat sinergitas yang baik antara masyarakat dengan BumDes Artha Jaya Kesuma dan Pokdarwis Desa Tanjung Kesuma Kecamatan Purbolinggo.