Masyarakat Desa Mulyorejo Belum Pernah Mendapat Bantuan Bedah Rumah -->

Breaking news

Live
Loading...

Masyarakat Desa Mulyorejo Belum Pernah Mendapat Bantuan Bedah Rumah

Friday 1 June 2018


Lampung Utara, (MI)- Guna mengurangi tingkat kemiskinan serta rumah layak huni, Pemerintah pusat menyalurkan bantuan bedah rumah, guna membantu masyarakat miskin yang tidak mampu, jauh dari kelayakan, program pemerintah melalui Dinas Sosial, yang direalisasikan oleh pemerintah daerah untuk menuntaskan kemiskinan yang merata  kususnya Kabupaten Lampura (31/05).

Namun tidak sebaliknya yang terjadi di Desa Mulyo Rejo l, Kecamatan Bungamayag,
Masyarakat desa Mulyo Rejo yang penduduknya 700 KK, Terbagi menjadi II dusun, matapilih 1500, mata pilih. Surah Yono selaku Kepala Desa menjelaskan,
"selama saya menjabat sebagai kepala desa belum pernah Desa kami mendapatkan bantuan bedah rumah, program Pemerintah pusat yang di realisasikan Pemerintah Daerah. Namun sebaliknya Desa kami belum pernah didatangi tim dari Dinas terkait ataupun dapat bantuan bedah rumah" ucap Kades Surah Yono.

"Karena desa kami masih banyak juga yang rumah dan kehidupannya di bawah garis kemiskinan, namanya juga desa, lagi dikota aja banyak yang miskin apa lagi kami wong ndeso" imbuh Surah Yono.

"Hati saya terketuk, melihat keadaan masyarakat di desa saya, yang hidup dalam garis kemiskinan dengan keadaan keluarga yang memprihatinkan ayah dari 4 anak ini mengidam penyakit strouk, sampai saat ini masih terbaring di tepat tidur, serta ditambah kondisi ibu yang sudah berusia lanjut, Abdul anak yang tertua menjadi tulang pungguk keluarganya yang bekerja sebagai buruh tani dan menjadi guru ngaji di desa, sehari-hari" lirih Surah Yono menceritakan.

Lanjut Surah Yono, hingga timbulah gagasan saya selaku pemerintah desa untuk mensosialisasikan kepada masyarakat yang ingin membatu warga desa mereka yang kesusahan setidaknya bisa membatu meringankan beban hidup mereka.

Saya tidak memaksakan yang ingin saja dan iklas, dan bantuan bisa berupa apapun, seperti tenaga atau pun pikiran, yang ada semen kasih semen, yang ada batu ngasih batu dan ada pula yang memberi pasir. "Jadi mutlak hasil swadaya masyarakat Alham dullilah sudah berjalan 1 setengah tahun ini sudah beberapa rumah yang di perbaiki dan 1 rumah bongkar total, tidak ada sama sekali program pemerintah daerah seperti bedah rumah yang masuk desa kami" tukas Surah Yono.

Baca juga : Ide brilliant jajaran TNI, pilih kampung Dodaiyah

Kades surah yono berharap, "semoga kedepannya nanti ditahun 2019, desa kami dapat bantuan bedah rumah, agar desa kami mendapatkan bantuan juga dari pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah, membantu program pemerintah pusat guna menuntaskan kemiskinan, sayang loh, padahal desa kami sangat kompak dalam hal-hal sosial dan begitu erat rukun tetangganya" tutupnya. (Yudi)