DESKRIPSI GAMBAR

Breaking News

73 tahun Pancasila sudah menjadi Rumah Kita

73 tahun Pancasila sudah menjadi Rumah Kita


Jakarta, (MI)- Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila diselenggarakan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) di Lapangan Kemenkumham, Jumat (1/06). Dipimpin oleh Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan Widodo Ekatjahjana, seluruh unit pusat mengikuti upacara termasuk Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan, (6/05).

Dalam pidato Presiden RI yang dibacakan oleh Widodo Ekatjahjana, bahwa selama 73 tahun Pancasila sudah menjadi rumah kita yang berbhinneka Tunggal Ika. Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, yang kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara fianl pada tanggal 18 Agustus 1945.

Peringatan Hari lahir Pancasila setiap 1 Juni ini harus kita manfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila. Mari terus amalkan warisan mulia untuk kemajuan bangsa, dan sekaligus juga menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia.

Baca juga : Upacara Hari Lahir Pancasila Inspektur Bupati Djoko Nugroho

Saatnya kita berbagi pengalaman dalam berbhinneka tunggal ika, dalam bertoleransi serta dalam membangun persatuan dan kebersamaan. Saatnya kita berbagi pengalaman dalam mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, ditjenpp.kemenkumham.
(rs/*)
Post a Comment