Mahasiswa UGM, Limbah cangkang Udang dijadikan Sanitizer -->

Breaking news

Live
Loading...

Mahasiswa UGM, Limbah cangkang Udang dijadikan Sanitizer

Sunday 17 June 2018


Jakarta, (MI)- Jika limbah cangkang udang selama ini hanya dibuang begitu saja, sekelompok mahasiswa UGM justru berhasil mengolah limbah tersebut untuk mengurangi penyebaran bakteri di closet duduk, (17/06).

Produk closet sanitizer yang dilabeli dengan nama Clozer ini dikembangkan oleh lima mahasiswa UGM. Mereka adalah Andita Palupi (Perikanan 2015), Muthia Restiningsih (Perikanan 2016), Nafis Endiana Ramadhanti (Perikanan 2016), Nuzulia Izmi (Perikanan 2016), Sigit Fitriyanto (Kimia 2015).

Andita mengatakan pengembangan produk ini berawa dari keprihatinan terhadap kebersihan closet duduk di tempat-tempat umum yang kurang dijaga kebersihannya dan dapat membahayakan kesehatan penggunanya seperti infeksi kulit. Dia dan keempat rekannya lantas mencoba mencari solusi untuk mengatasi persoalan itu.


 “Kami pun mulai melakukan riset dan menemukan limbah kulit udang ternyata memiliki kandungan anti bakteri,” tuturnya kepada wartawan, Kamis (7/6) di Ruang Fortakgama Humas UGM.

Mengapa memilih limbah cangkang udang? Andita menjelaskan bahwa selain keberadaannya yang cukup melimpah, cangkang udang ini belum banyak dimanfaatkan secara optimal. Bahkan kebanyakan hanya di biarkan dan berakhir di tempat sampah.

“Padahal di dalam limbah cangkang udang ini mengandung kitosan yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri,”terangnya.

Kelimanya kemudian merancang proses pembuatan closet sanitizer berbahan limbah cangkang udang. Kitosan cangkang udang diolah menjadi sanitizer dengan penambahan sejumlah senyawa-senyawa lainnya dicampur dan diaduk selama 2 jam. Setelahnya dilakukan penambahan aroma dan dilakukan penyaringan untuk memperoleh cairan sanitizer bening tanpa endapan.

“Produk Clozer ini telah melalui uji laboratorium dan hasilnya menunjukkan efektif membunuh bakteri bakteri E.coli dan Salmonella. Dengan tisu ini bisa membunuh hingga 80-90 persen bakteri tanpa penggunaan alkohol,”ungkap Andita.

Produk ini ditawarkan dalam kemasan tisu basah dengan 4 varian aroma yakni lemon, lavender, apel, dan pine. Masyarakat dapat memperoleh produk ini seharga Rp. 5.000 untuk 1 packs yang berisi 5 tisu basah.

“Saat ini kita pasarkan lewat online di tokopedia dan shopee. Selain itu juga dapat dipesan lewat medsos di Ig : closetclozer.id serta Line : @xek3430w,” imbuh Muthia.

Inovasi yang dikembangkan para mahasiswa muda ini berhasil lolos mendapatkan dana hibah penelitian Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K) Dikti. Selain itu juga meningkatkan nilai ekonomi limbah cangkang udang dan membantu dalam mencegah timbulnya berbagai penyakit yang membahayakan kesehatan dengan membasmi bakteri didudukan closet.

Baca juga : Kapolres Blora Cek dan Kontrol Anggota Pos Pengamanan

Produk ini, disampaikan Muthia cocok digunakan untuk segala jenis usia dan bersifat tahan lama hingga 6 bulan. Penggunannya juga tergolong mudah hanya dengan mengelap dudukan closet dengan produk ini sebelum memakainya.

“Produk ini menjadi inovasi baru selain produk sanitizer semprotan yang telah beredar di pasaran,” pungkasnya. Humas UGM/Ika: foto:Firsto. (rs/*)