DESKRIPSI GAMBAR

Breaking News

Pemkab Pacitan Rapat Persiapaan Pilgub Jatim 2018

Pemkab Pacitan Rapat Persiapaan Pilgub Jatim 2018


Pacitan, (MI) - Pemerintah Daerah Pacitan melakukan Rapat Koordinasi Dan Sinkronisasi Kesiapan Pelaksanaan Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubenur Jatim Tahun 2018, Kegiatan yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan, persiapan dan pengamanan baik dari KPU, Panwaslu dan TNI - Polri dalam pelaksanaan Pilkada yang digelar di Gedung Karya Dharma Komplek Pendopo, Jum'at (22/6/2018)

Dalam paparannya Ketua KPU Pacitan Damhudi mangatakan, Dalam rangka kesiapan Pilkada, Secara keseluruhan KPU Pacitan sudah siap untuk melaksanakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubenur Jatim Tahun 2018.

Saat ini tahapan dari KPU adalah Pendistribusian logistik ke Kecamatan/PPK dan hari ini semua logistik sudah kita distribusikan ke 12 Kecamatan.

"Untuk PPK diharapkan berkordinasi dengan Trantib dan Linmas untuk membersihkan Alat Peraga Kampanye (APK) yang masih terpasang,"jelasnya.

Untuk Kabupaten Pacitan memiliki 12 Kecamatan, dengan 171 Kelurahan/ Desa, ada 993 TPS, 6951 KPPS, 993 PPDP dan 513 PPS untuk Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018.

"Jumlah DPT Kabupaten Pacitan dalam Pilgub Jatim 2018 berjumlah 460102 jumlah Laki-laki 227722 orang dan Perempuan 232380 orang, Saat ini KPU juga sudah melaksanakan tahapan untuk Pemilihan legeslatif  tahun 2019,"tambahnya.

Pemilihan Kepala Daerah yang memungkinkan setiap warga Negara bisa memenuhi hak pilihnya secara bebas dan rahasia. Tidak ada persyaratan yang membatasi hak seseorang untuk memilih, dipilih dan atau menjadi penyelenggara Pemilu.

"Dalam Pilkada yang Aksesibel, penyandang disabilitas bisa memenuhi hak pilihnya tanpa hambatan,"tambahnya.

Sementara itu Ketua Panwaslu Pacitan Berty Stevanus menjelaskan, Pada saat ini Panwaslu Kabupaten Pacitan sudah siap untuk melaksanakan tugas pengawasan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018.

"Dalam pelaksanaan tugas kami tidak mengharapkan ada pelanggaran sekecil apapun dalam Pilkada nanti,"harapnya.

Tugas pengawasan Pemilu untuk nengamati, mengkaji, memeriksa dan memutuskan, Fungsi pencegahan apabila ada pelanggaran kami akan melaksanakan koordinasi dengan pihak-pihak terkait apabila tidak dilaksanakan kami akan bekerjasama dengan Satpol PP untuk penangananya.

"Fokus pengawasan Panwaslu kepada KPU dan jajarannya, peserta pemilihan ASN dan masyarakat pemilih,"tambah Berty.

Lebih lanjut Berty mengatakan, Salah satu tugas Panwaslu mengawasi netralitas ASN, TNI dan Polri, Apabila ada pelanggran dari ASN untuk penangananya akan kami tindak sesuai peraturan yang berlaku.

"Potensi masalah salah satunya adalah penggunaan fasilitas negara digunakan untuk mendukung salah satu Paslon atau Partai dalam Pemilu,"ucapnya.

Dandim 0801/Pacitan Letkol Kav Aristoteles Hengkeng Nusalawitang menjelaskan, Dalam kesiapan Pengamanan Pilgub Jatim 2018, Kodim 0801 Pacitan sudah meyiapkan 241 anggota (Kodim 200 personil, Intel 10 Personil dan Yonif 521 31 personil),

"Untuk Kodim 0801 Pacitan sudah siap dalam pengamanan Pilgub Jawa Timur, Sedangkan untuk logistik untuk Kodim sudah kita terima dari Propinsi,"jelas Alumni Akmil 1999 tersebut.

Kapolres Pacitan AKBP Setyo Koes Heriyanto menambahkan, Dalam kesiapan Pilkada Polres Pacitan sudah siap untuk mengamankan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim 2018.

"Pola pengamanan dalam pemungutan suara di Pilgub Jatim sudah kita siapkan dan kita siagakan 2 anggota Polres dan Linmas di tiap-tiap TPS,Seluruh TPS sudah kita Stanby anggota Polres untuk pengamanan,"tukasnya.

Bupati Pacitan Indartato berharap, Kita harus mengakui perbedaan sebagai modal persatuan dan kesatuan Bangsa. Kaidah Demokrasi salah satunya saling mengenal, musyawarah

"Pemilu terdiri dari penyelenggara, yang dipilih dan pemilih. Harapan kami masyarakat Pacitan bisa mewujudkan Pilkada damai untuk Jatim menjadi lebih baik,"tandasnya.

Baca juga : Satgas Kamtib Razia Lapas Ambon, di Blok Ramadhan

Acara yang di hadiri Bupati Pacitan Drs Indartato, Wakil Bupati Drs Yudhi Sumbogo, Dandim 0801 Letkol Kav. Aristoteles Hengkeng Nusalawitang, Kapolres AKBP Setyo Koes Hariyanto, Sekda Drs Sukowiyono, Ketua DPRD Roni Wahyono, Wakil Ketua DPRD Gagarin, Kepala Bakesbangpol Suharyanto, Kajari Rusli SH, Ketua KPU Damhudi, Ketua Panwaslu Berty stevanus, Camat, Kades serta Seluruh Panwascam se Kabupaten Pacitan.(tyo)
Post a Comment