Bakamla-Pemkab Sambas Teken MoU dan Penandatanganan Prasasti Desa Maritim -->

Breaking news

Live
Loading...

Bakamla-Pemkab Sambas Teken MoU dan Penandatanganan Prasasti Desa Maritim

Wednesday 25 July 2018


Sambas, (MI)- Tim Bakamla dari Direktorat Kerja Sama menindaklanjuti pembentukan Desa Maritim di Sambas dengan dilakukannya tiga penandatanganan sekaligus, yakni Penandatanganan Kesepakatan Bersama dan Perjanjian Kerja Sama Bakamla dengan Pemkab Sambas serta penandatanganan Prasasti Desa Maritim, di Desa Kuala, Kec. Selakau, Kab. Sambas, Prov. Kalimantan Barat, Selasa (24/7/2018).

Acara diawali dengan sambutan pembukaan oleh Bupati Sambas H. Atbah Romin Suhaili, LC dilanjutkan pembacaan sambutan Direktur Kerja Sama Bakamla Dade Ruskandar, S.H., M.H. oleh Kepala Biro Umum Bakamla Brigjen TNI Marinir Sandy M. Latief di Kantor Desa Kuala.

Dalam sambutannya Dade mengatakan, pembentukan dan pengembangan desa maritim merupakan salah satu program Bakamla dalam upaya mengoptimalkan tugas pokoknya menjaga keamanan dan keselamatan di laut dengan dukungan dan sinergitas bersama institusi lain termasuk pemerintah daerah serta masyarakat pesisir dan perbatasan.

Oleh karena itu, lanjutnya, penandatanganan Kesepakatan Bersama dan Perjanjian Kerja Sama ini merupakan langkah yang tepat untuk menyelaraskan sumber daya masing-masing pihak dengan prinsip saling menguntungkan sesuai ketentuan perundang-undangan.

Tidak hanya berhenti sampai pada tahap tersebut, untuk menindaklanjutinya, salah satu bentuk kerja sama yaitu akan digelarnya Diklat Pemberdayaan Masyarakat tentang Standar Keselamatan di Laut bagi masyarakat pesisir Sambas, yang akan dibuka esok Rabu (25/5). Harapan Bakamla, dengan digelarnya diklat tersebut masyarakat menjadi sadar akan pentingnya standar keselamatan di laut dengan mempersiapkan diri baik fisik maupun alat keselamatannya di kapal. Ditambahkan pula oleh Sandy, agar setelah diklat tersebut masyarakat Sambas dapat menjadi jembatan informasi bagi Bakamla terkait keamanan dan keselamatan di laut.

Puluhan peserta Diklatpun turut hadir dalam acara penandatanganan tersebut. Kesempatan itu tidak disia-siakan oleh Kasubdit Kerja Sama Dalam Negeri Eli Susiyanti, S.H., M.H., M.M. untuk memperkenalkan tentang Bakamla dan potensi keterlibatan masyarakat untuk ikut serta menjaga keamanan dan keselamatan laut bersama Bakamla.

Baca juga : HUT Adhyaksa ke 58 Kejari Kotabaru Gelar Panggung Rakyat

Usai acara, Kepala Biro Umum bersama Bupati Sambas dan Kasubdit KSDN juga menyempatkan diri untuk meninjau ruko yang hangus terbakar di Pasar Selakau beberapa hari lalu.
Autentikasi :
Kasubbag Humas Bakamla, Mayor Marinir Mardiono
(*)