Breaking News

Lam-Tim, Lomba Perpustakaan Umum Desa Tingkat Nasional

Lam-Tim, Lomba Perpustakaan Umum Desa Tingkat Nasional

Lampung Timur, (MI)- Purbolinggo, Wakil Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari menerima Kunjungan Tim Juri Lomba Perpustakaan Umum Desa/Kelurahan Tingkat Nasional di Perpustakaan Kesuma Pustaka Desa Tanjung Kesuma Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur. Senin (30/07/2018).

Adapun tim juri yang hadir dalam kunjungan tersebut ialah Ketua Umum Gerakan Permasyarakatan Minat Baca Pusat, Drs.Bambang Supriyo Utomo, M. Lib , Pendiri Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesi, Trini Haryanti, serta Staf Perpustakan Nasional RI Pusat, Amir.

Sementara itu hadir pula sebagai perwakilan dari Provinsi Lampung dan Kabupaten Lampung Timur ialah Kepala Badan Perpustakaan, Arsip, dan Dokumentasi Provinsi Lampung, Herlina Warganegara, serta Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Lampung Timur, Tarmizi dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Lampung Timur,  Mulyanda.

Untuk diketahui pada bulan mei yang lalu Perpustakaan Kesuma Pustaka berhasil keluar sebagai juara pertama Pengelolaan Perpustakaan Umum Desa atau Kelurahan Terbaik Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2018, hal tersebut menjadikan Perpustakaan Kesuma Pustaka sebagai wakil dari Provinsi Lampung pada Lomba serupa ditingkat Nasional.

Bambang Supriyo Utomo selaku tim penilai dari pusat menjelaskan bahwa lomba perpustakaan desa tingkat nasional sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu dan akan terus diadakan sebagai bentuk apresiasi bagi daerah-daerah yang peduli terhadap keberadaan perpustakaan desa.

Ia menjelaskan, sebelumnya terdapat 34 perpustakaan desa dari 34 provinsi yang masuk proses penilaian, namun saat ini jumlah tersebut telah mengerucut menjadi 18 perpustakaan. Dari 18 perpustakaan tersebut dibagi menjadi tiga Cluster, yakni A, B, dan C, dengan Perpustakaan Kesuma Pustaka masuk nominasi 6 besar pada Cluster B bersaing dengan 5 perpustakaan dari provinsi lain.

Dalam sambutannya Zaiful Bokhari sangat mengapresiasi atas capaian Perpustakaan Kesuma Pustaka Desa Tanjung Kesuma karena telah berhasil masuk sampai tahap Nasional.

“Diharapkan melalui pencapaian ini dapat semakin meningkatkan motivasi dan kinerja Perpustakaan Kesuma Pustaka dalam memenuhi informasi masyarakat, dan menjadi role model dalam standarisasi perpustakaan desa di Lampung Timur, sekaligus dapat menjadi stimulan bagi masyarakat untuk semakin aktif dalam memanfaatkan keberadaan perpustakaan desa”.

Baca juga : Menristekdikti Lantik Pejabat, LLDIKTI Ujung Tombak Pelayanan Pendidikan Tinggi

Pada kunjungan tersebut selain melakukan penilaian terhadap Perpustakaan Kesuma Pustaka Desa Tanjung Kesuma tim juri juga melakukan kunjungan ke Peternak Telur Herbal Sekuntum yang berada di Desa Toto Projo, Kecamatan Way Bungur.(*)
Post a Comment