DESKRIPSI GAMBAR

Breaking News

Pagelaran Wayang Kulit Warnai HUT RI Ke 73 Kabupaten Pacitan

Pagelaran Wayang Kulit Warnai HUT RI Ke 73 Kabupaten Pacitan

Pacitan, (MI)- Memeriahkan HUT RI ke 73 tahun 2018 Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Provinsi Jawa Timur Melalui UPT Taman Budaya Dinas Pendidikan Provinsi bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan mengelar wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Ki Sigit Ariyanto, S Sn.

Acara yang di gelar di Alun-alun kabupaten tersebut di hadiri Bupati Pacitan Drs Indartato,MM besrta Ibu Luky Indartato, Kepala UPT Taman Budaya Dinas Pendidikan Prov Jatim Sukatno,MM, Ketua DPRD Pacitan Roni Wahyono, Sekda Drs Sukowiyono MM, Kasdim 0801/Pacitan,Mayor Inf.Tomy, Kabag Op Polres Pacitan Kompol Sukoco, Kepala Kemenag Pacitan,Drs H Moh. Nurul Huda, M.Pd, Dansub Denpom Pacitan Lettu CPM Nur Kholiq, Seluruh Kepala OPD serta di saksikan ribuan masyarakat dengan penangung jawab Kadis Pendidikan Pacitan Drs. Daryono,MM.

Dalam sambutannya Kepala UPT  Taman Budaya Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Sukatno,MM memohon maaf karena Kepala Dinas Parpora Provinsi tidak bisa hadir karena ada tugas, Namun ini tidak menjadi penghalang pagelaran apresiasi wayang merupakan agenda tahunan keliling,yang mana saat ini sudah berjalan 5 tahun.

"Visi dan Misi bidang pariwisata yang salah satunya membangun karakter sosial masyarakat, Gubernur Jatim mengagendakan seni budaya secara bergiliran ini demi tetap melestarikan seni budaya leluhur seperti wayang dan budaya lokal lainya," ujarnya, Senin (30/7/2018) malam.


Lebih lanjut Sukatno mengatakan, Kesenian lokal yang mempunyai ekstetika budaya diharapkan tetap terjaga dan eksis untuk selalu di tampilkan dalam bentuk kreasi yang lain namun tetap pada tatanan budaya yang asli, Agar generasi muda tetap mempertahankan serta melestarikan budaya leluhur.

"Pagelaran wayang kulit ini terbuka untuk umum, Intinya kita selalu menjaga serta melestarikan budaya nusantara, apa lagi wayang kulit sudah mendapat pengakuan dari UNISCO sehingga kita sebagai warga masyarakat khususnya generasi muda agar tetap menjaga dan melestarikanya," ajaknya.

Acara di lanjutkan dengan penyerahan gunungan dan tokoh wayang Narasoma oleh Kepala UPT Taman Budaya Dinas Pendidikan Provinsi Jatim dan Bupati Pacitan kepada dalang Ki Sigit Ariyanto,S.Sn, Pagelaran wayang kulit yang mengambil lakon Banjaran Narasoma di meriahkan penampilan bintang tamu Jo Klithik dan Jo Kluthuk serta Lusi Brahman.

Secara terpisah Bupati Pacitan Indartato mengatakan, Dengan pagelaran budaya ini kita harap kan kepada generasi muda pacitan untuk tetap menjaga serta melestarikan budaya leluhur.

Baca juga : KPK,Barang Rampasan di Lelang Rp17 Miliar Masuk Kas Negara

"Melalui Dinas Pendidikan kita harapkan di sekolah-sekolah ada ekstra kulikuler yang sifatnya kebudayaan lokal, Pacitan juga memiliki generasi penerus kebudayaan wayang kulit karena memiliki dalang seperti Ki Purbo Asmoro dan Ki Fajar Ariyanto dan dalang-dalang lainya,"tandasnya.(tyo)
Post a Comment