DESKRIPSI GAMBAR

Breaking News

Cuaca di Perairan Laut Selatan Pacitan Mulai Membaik

Cuaca di Perairan Laut Selatan Pacitan Mulai Membaik

Pacitan, (MI)- Setelah beberapa hari yang lalu ombak pasang menerjang pesisir selatan jawa, Banyak nelayan di Pacitan yang tidak berani mengambil resiko untuk melempar sauh dan beraktifitas di perairan.

Menurut Kepala UPT Pelabuhan dan Pengelolaan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Pasongsongan (P2SKP) Tamperan  Pacitan, Ir Ninik Setyorini,MT mengatakan, Cuaca di perairan laut selatan Pacitan yang mulai membaik sehingga nelayan di wilayah Pacitan sudah mulai beraktifitas kembali di laut. Salah satu indikatornya adalah hasil tangkapan ikan Tuna cukup melimpah.

“Sejak fenomena Siklon Tropis pada bulan Februari-Maret berakhir, dan cuaca di perairan laut sekitar Pacitan yang beberapa hari yang lalu mengalami ombak pasang, Kini kawasan perairan pacitan sudah mulai membaik menyebabkan hasil tangkapan ikan Tuna meningkat,” jelasnya, Sabtu (4/8/2018).

Lebih lanjut Istri dari Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo ini mengungkapkan, Bahwa fenomena siklon Tropis mempunyai dampak gelombang tinggi, hujan deras dan angin kencang, sehingga dapat berpotensi untuk menenggalamkan kapal. Siklon tropis dapat memutar air dan menimbulkan angin kencang dan gelombang laut yang tinggi. Adanya peningkatan hasil tangkapan ikan tuna antara lain juga disebabkan telah kembali beroperasinya kapal Purse Seine sebanyak 44 unit dan kapal sekoci sebanyak 46 unit.

“Sebelumnya nelayan di wilayah Pacitan tidak ada yang berani melaut karena cuaca yang ekstrem dan gelombang yang cukup tinggi, Namun kini sudah banyak yang melaut setelah cuaca kembali normal,”tandasnya.

Baca juga : Bupati Lampura Kuker Ke Desa Gedung Batin

Menurut pantauan di TPI Tamperan Pacitan, Para nelayan yang sudah melaut dan kembali dengan hasil yang di dapat yaitu jenis Ikan Tuna Yellowfin Tuna, Bigeye Tuna, Baby Tuna atau Cakalang dan Tongkol.(tyo)
Post a Comment