Desa Wonomerto Mewakilkan Kabupaten Dalam Lomba Desa dan Badan Usaha Desa Tingkat Provinsi -->

Breaking news

Live
Loading...

Desa Wonomerto Mewakilkan Kabupaten Dalam Lomba Desa dan Badan Usaha Desa Tingkat Provinsi

Wednesday 8 August 2018

Lampung Utara (MI) - Bupati Lampung  Utara diwakili Plh Asisten II bersama Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Utara, Hj. Endah Kartika Prajawati Agung, S.STP.,M.H., menyambut Tim Penilai dari Provinsi Lampung pada acara Lomba Desa dan Badan Usaha Milik Desa Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2018, di taman Wisata Tirta Sinta Desa Wonomarto Kecamatan Kotabumi Utara. Rabu (08/08/2018).

Hadir Gubernur Lampung diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra sekaligus Ketua Tim Penilai, Drs. Heri Suliyanto, M.M, Mitra Desa dari Universitas Bandar Lampung (UBL), Iwan Piurwanto, S.Kom,MTI.MOS, dari Universitas Lampung (UNILA) selaku Tim Rektor Bidang Eksternal dan Ahli Gubernur Bidang Komunikasi, Diah Sumardiani, S.Sos,Anggota DPRD Kabupaten Lampung Utara, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Lampung Utara, para Camat se-Kabupaten Lampung Utara, para Kader TP-PKK Kabupaten Lampung Utara.

Kepala Desa Wonomarto menyampaikan selamat datang kepada Tim Penilai dari Provinsi Lampung dan semoga kehadirannya dapat memberikan semangat kepada masyarakat Kabupaten Lampung Utara.

“Tetap semangat membangun Desa menata Kota.” Katanya.

Dalam sambutannya Bupati Lampung Utara menyampaikan ucapan terima kasih  dan selamat datang kepada Tim Penilai Lomba Desa dan BUMDes Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2018.

“Mudah-mudahan dapat semakin menambah motivasi kami dalam membangun Desa di Kabupaten Lampung Utara menjadi semakin maju, makmur dan sejahtera.” Katanya.

Asisten II juga menjelaskan bahwa Desa harus dipandang sebagai wilayah yang potensial dalam pembangunan ekonomi, karena Desa sebagai sentra lumbung pangan, desa sebagai daerah tujuan wisata dan sebagai sentra home industri, desa sebagai pemasok sumberdaya manusia terlatih, serta desa sebagai penyanggah bagi perekonomian diperkotaan.

Selain itu, Asisten II juga mengungkapkan desa yang maju dapat dimaknai sebagai transformasi atau perubahan menuju kehidupan dan penghidupan desa yang lebih baik. Dan desa Wonomarto ini adalah salah satu desa dari 8 desa yang ada di Kecamatan Kotabumi Utara, yang meliki potensi yang unggul sehingga berdasarkan penilaian dari Pemerintah Kabupaten Lampung Utara Desa Wonomarto ini terpilih sebagai desa yang mewakili Kabupaten Lampung Utara dalam perlombaan desa dan BUMDes Tingkat Provinsi Lampung Utara Tahun 2018.

Ada beberapa faktor penunjang kemajuan desa yang dimiliki oleh Desa Wonomarto ini antara lain, dibidang Pemerintahan Desa telah berjalan dengan baik, dibidang kewilayahan, desa Wonomrto memiliki tata ruang wilayah desa yang tertata sedemikian, dibidang kemasyaratan secara umum masyarakat di Desa Wonomarto dalam suasana yang kondusif, makmur dan sejahtera. Sementara itu, dalam rangka mengembangkan produk unggulan. Bahkan kesadaran masyarakat akan kesehatan dan pendidikan juga cukup baik. Masyarakat menyadari bahwa faktor penting dalam penanggulangan kemiskinan.

“Dengan berbagai keungulan dan potensi yang saya sebutkan tadi, saya yakin dan optimis bahwa Desa Wonomarto ini layak menjadi juara pertama Lomba Desa dan BUMDes Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2018.” Harapnya.

Diakhir sambutannya, Asisten II pun mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak yang telah membantu dan mendukung pembangunan di Kabupaten Lampung Utara, khususnya di Desa Wonomarto ini.

Dalam sambutannya, Gubernur Lampung diwakili Asisten I, menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Desa Wonomarto atas penyambutan yang sangtat hangat.

Beliau mengatakan pembangunan dengang memberikan kepercayaan yang besar kepada masyarakat untuk dapat berpartisipasi secara langsung dalam seriap proses perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan memberikan efek gunda sekaligus menmepatkan masyarakat selaku subjek pembangunan.

Oleh sebab itu, peran kepala desa dalam mendorong peran serta dan partisipasi masyarakat sangat menentukan keberhasilan penyelenggaraan Pemerintaan, pembangunan dan pembinaan yang dilaksanakan di Desa. Salah satu tahapan dalam rangka evaluasi adalah acara perlombaan Desa ini. perlombaan desa ini meliputi tiga bidang penilaian yaitu bidang Pemerintahan, bidang kewilayahan dan bidang kemasyarakatan desa dengan 69 indikator penilaian.

Kegiatan lomba desa merupakan kegiatan yang bermanfaat sebagai tolak ukur dalam melihata efektifitas dalam membangun desa melalui pemberdayaan masyarakat.

Lanjutkan dengan penampilan senam cantik dan peninjauan UP2K PKK oleh Tim Penilai didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Utara.

Kepada awak media, ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Utara mengatakan sangat bangga dan berharap Desa Wonomarto agar lebih memajukan kembali kualitas Desa.

Baca juga : Presiden Instruksikan Penanganan Terbaik bagi Korban Terdampak Gempa Lombok

“Dengan adanya lomba desa ini dapat memacu semangat untuk rasa bersaing yang lebih baik dibidang prestasi. Saya berharap kita semua dapat mewakili Provinsi, sementara di BUMDes sudah masuk 3 besar Nasional, semoga melalui lomba ini yang sudah tercurahkan kepada masyarakat dapat menjadikan ajang ekplor diri menjadi lebih baik lagi.” Ungkap Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Utara. (Yudi)