DESKRIPSI GAMBAR

Breaking News

Guru SDN 2 Mukut, Keluhkan Kepsek Tidak Transparan Soal Dana BOS!!

Guru SDN 2 Mukut, Keluhkan Kepsek Tidak Transparan Soal Dana BOS!!

Barito Utara, (MI) - Guru di SDN 2 Mukut Kecamatan Lahei, Kabupaten Barito Utara (Barut) Kalteng mengeluhkan kebijakan kepala sekolahnya Aris Andriani, diduga tidak transparan dalam merealisasikan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun ajaran 2016-2017 samapai dengan 2017-2018 yang jumlah puluhan juta rupiah.

Seperti diungkapkan salah satu guru yang mengajar di sekolah tersebut berinisial R, kepada Media Investigasi, Rabu (31/10), menurut dia selama Aris menjabat kepsek setelah penegerian status sekolah tersebut dari SD kunjung menjadi SDN 2 Mukut awal 2016, tidak ada kejelasan dana BOS tersebut direslisasikan untuk apa.

“Entah digunakan untuk apa dana BOS tersebut, selama 2016 tidak ada pembelian perlengkapan sekolah atau pembangunan fisik, tetapi dibuat SPJ ke Disdik jika BOS sudah direalisasikan, tetapi disekolah tidak ada yang direalisasikan, bahkan cairnya dana BOS pun berapa jumlahnya kita tidak tau apalagi melihat uangnya,” katanya.

Lanjut dia, untuk mobiler seperti meja dan kursi siswa diambil dari SDN 4 Lahei II yang tidak terpakai, kita gunakan untuk memenuhi kekurangan mobiler siswa di sini.

"masalah ketidakhadiran beliau disekolah kita bisa maklum mungkin banyak kesibukan di Dinas di Kabupaten, dan itu urusan beliau tetapi janganlah sampai menghambat kegiatan belajar mengajar seperti untuk pembelian ATK sekolah, dan kegaiatan lainnya," bebernya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Barut Masdulhaq, melalui Kabid Disdik, H. Ardian, mengatakan pihaknya belum menerima laporan terkait keluhan guru tersebut. Menurut dia kepala sekolah seharusnya harus transparan dalam penggunaan dana BOS.

“Sangat disayangkan jika memang dana BOS tersebut tidak direalisasikan sebagaimana mestinya, nanti akan kami panggil kepala sekolahnya untuk dimintai penjelasan, termasuk mengenai ketidakhadiran yang bersangkutan di sekolah karena jarang masuk,” jelasnya.

Baca juga : Kapolres Barut ; Tak Henti-Hentinya Imbau Masyarakat Untuk Bijak Gunakan Medsos

Hal senada disampaikan Kasi Dana BOS Disdik Barut, bahwa untuk laporan dana BOS SDN 2 Mukut memang macet-macet, dan kami tidak tau kalau ada masalah internal antara Kepsek dan dewan guru di sekolah tersebut, pasti dalam waktu dekat ini kita akan memanggil kepsek yang bersangkutan," tutupnya. (An)
Post a Comment