Loading...

BREAKING NEWS

  DESKRIPSI GAMBAR  
Polres Berau Tangkap 3 Spesialis Pencuri Sarang Walet Senilai Rp 100 Juta di Berau

Polres Berau Tangkap 3 Spesialis Pencuri Sarang Walet Senilai Rp 100 Juta di Berau


Kaltim (MI)- Polres Berau menangkap tiga pelaku spesialis pencuri sarang walet yang kerap beraksi di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur (Kaltim). Para pelaku telah beraksi di lima lokasi sarang walet dalam sebulan terakhir dengan kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

"Jumlah pelaku 5 orang (2 orang Samarinda dan 3 warga Berau). Satu bulan ini 5 TKP wilayah Berau," kata Kasat Reskrim Polres Berau AKP Rengga Puspo Saputro dalam keterangan tertulis, Rabu (29/1/2020).

Ketiga pelaku ditangkap pada Selasa (28/1) atas nama S alias D, E, dan AS di wilayah Tanjung Redeb. AKP Rengga mengatakan para pelaku telah beraksi sebanyak lima kali dan, bila dikalkulasikan, kerugian yang ditimbulkan senilai ratusan juta rupiah.

"Kalau 5 TKP, perkiraan hasilnya bisa sampai Rp 100 juta nominalnya," ujar AKP Rengga.

Dalam menjalankan aksinya, ketiga pelaku lebih dulu memantau lokasi yang telah disasar. Apabila lokasi dinilai telah aman, mereka akan langsung beraksi mencuri sarang walet.

"Survey ke lapangan kalau kelihatan aman langsung beraksi," ucap AKP Rengga.

Dari para pelaku, polisi mengamankan sejumlah barang bukti, antara lain uang tunai sebesar Rp 3.600.000 dari pelaku S alias D dan uang tunai sebesar Rp. 2.000.000 dari pelaku E. Selain itu, polisi mengamankan 3 kantong plastik warna hitam berisikan sarang burung dan 1 lembar nota bukti penjualan sarang burung.