Virus COVID-19 menular saat terkena droplet -->

Breaking news

Live
Loading...

Virus COVID-19 menular saat terkena droplet

Monday 30 March 2020

Doc. Ilustrasi penyemprotan cairan desinfektan.

Virus corona COVID-19 menular melalui droplet atau percikan yang keluar saat seseorang batuk, bersin, atau berbicara.

Jakarta - Virus corona COVID-19 dikabarkan berpotensi menular lewat airborne atau di udara. Namun hal ini dibantah tegas oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Dalam akun Instagram resmi @who, tertulis di keterangan postingan terbaru mereka bahwa faktanya virus corona COVID-19 tidak menular melalui airborne. WHO kembali menegaskan virus corona COVID-19 menular melalui droplet atau percikan yang keluar saat seseorang batuk, bersin, atau berbicara.

"Kamu bisa saja tertular saat terkena droplet (dari yang terinfeksi COVID-19) dan bisa juga tertular saat menyentuh permukaan yang terkena 'droplet' lalu secara tak sadar menyentuh mata, hidung, dan mulut sebelum mencuci tangan," kata WHO, dikutip dari Instagramnya pada Senin (30/3/2020).

WHO juga menambahkan, agar menjaga diri tetap aman adalah dengan cara menjaga jarak minimal 1 meter dari seseorang yang terinfeksi virus corona COVID-19. Selain itu pastikan untuk rutin mendisinfeksi permukaan-permukaan benda yang sering kamu sentuh, dilansir detikcom, Senin (30/3/2020).

"Rajin cuci tangan dan hindari menyentuh area mata, hidung, dan telinga," lanjut postingan tersebut.

Simak video pendapat warga terkait virus COVID-19

Kik disini