Tim Gegana Polda Jabar Ledakan Mortir yang Ditemukan di Bantaran Sungai Tasikmalaya -->

Breaking news

Live
Loading...

Tim Gegana Polda Jabar Ledakan Mortir yang Ditemukan di Bantaran Sungai Tasikmalaya

Monday 18 January 2021


Tim periksa mortir ukuran 40 tersebut dan ternyata masih aktif.


Bandung - Tim Gegana Polda Jabar meledakan mortir berukuran 40 (MADSEN-57) yang sebelumnya ditemukan di Bantaran Sungai Ciloseh, Kampung Pelang Kelurahan Sukamanah Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya. 

Sebelum diledakan pada Jumat (15/1/2021) di lokasi penambangan pasir, Gunung Putat, Kampung Babakan Erwan, Kelurahan Sukalaksana, Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya, Tim Gegana juga sempat memeriksa mortir ukuran 40 tersebut dan ternyata masih aktif.

Kepala Bagian (Kabag) Ops Polres Tasikmalaya Kota, Kompol Sohet, SH., MH., mengatakan, untuk prosesi peledakan mortir tersebut dilakukan dengan cara memasang alat untuk melubangi badan mortir yang dilakukan tim Gegana. Pihaknya bersyukur proses peledakan mortir berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

“Meskipun begitu, hingga saat ini kami tidak dapat mengetahui secara pasti mengapa mortir tersebut ada di bantaran sungai. Selain itu, kami juga tidak mengetahui apakah mortir itu sisa perang zaman dulu atau sisa apa,” kata Sohet.

Ia menuturkan, tidak ada dampak akibat peledakan mortir tersebut dikarenakan peledakannya dilakukannya di tengah galian pasir. Sementara itu selama proses peledakan mortir, pihaknya juga meminta kepada warga yang berada di sekitar lokasi peledakan dan yang sedang beraktivitas untuk menjauhi lokasi. (*)