Ticker

6/recent/ticker-posts

KPU Banyuwangi putuskan pasangan nomor urut 2 sebagai Bupati terpilih


Penetapan telah dilakukan setelah adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) RI yang menolak gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) oleh Paslon nomor urut 01, Yusuf  Widyatmoko - M. Riza Azizy.


Banyuwangi - Hari Kamis 18 Bulan Februari 2021 Telah di adakan Acara Kegiatan Dari Komisi Pemilihan Umum   (KPU) Banyuwangi pukul 14.00 WIB siang hari acara kegiatan diadakan, di  Ballroom Hotel Santika, menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi pemilihan tahun 2020. 


Dalam acara rapat pleno terbuka memutuskan pasangan Ipuk Festiandani - H. Sugirah sebagai Bupati dan wakil Bupati Banyuwangi terpilih secara sah, dengan mengumpulkan 438.847 suara pemilih atau 52,43 persen  dalam Pilkada Banyuwangi 2020.


Dalam acara Rapat Pleno Terbuka tersebut Telah di hadiri oleh Ketua KPU Banyuwangi Dwi Anggraeni, Pasangan nomor 01 Yusuf Widyatmoko - M. Reza Azizy  dan pasangan nomor 02 Ipuk Festiandani - H. Sugirah , Bawaslu Banyuwangi, Partai Politik pendukung Pilkada 2020.


Susunan acara Rapat Pleno Terbuka KPU sebagai berikut :

- Pembukaan oleh ketua KPU .

- Pembacaan Keputusan MK sebagai 

  dasar penetapan secara sah Bupati

  Banyuwangi.

- Pembacaan ketikan SK KPU dan 

  Penyerahan salinan ke  Bawaslu,DPR,

  Partai Politik, Calon pasangan Pilkada.

- Penutup.

Ketua KPU Banyuwangi Dwi Angraeni telah mengatakan penetapan telah dilakukan setelah adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) RI yang menolak gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) oleh Paslon nomor urut 01, Yusuf  Widyatmoko - M. Riza Azizy.


" Pasangan calon terpilih sudah kita tetapkan secara sah, berdasarkan Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2020.Tahapan Penetapan Pasangan Terpilih Merupakan Rangkaian Akhir dari  Tahapan Pilkada serentak tahun 2020" ujar Dwi Anggraeni.



Selanjutnya berita acara penetapan akan di serahkan ke DPR Banyuwangi untuk di putuskan dalam rapat paripurna, setelah itu akan di serahkan ke Gubernur Jawa Timur dan kemudian di lanjutkan ke Menteri Dalam Negeri untuk proses pelantikan Kepala Daerah.


Setelah Selesai Acara Rapat Pleno Terbuka Bupati terpilih Ipuk Festiandani - H. Sugirah di wawancarai oleh tim awak media mengatakan "Alhamdulillah, lega bersyukur dan proses cukup panjang dan dimana kita tidak menyangka ada tahapan tambahan harus ke MK, tapi proses kita jalani ya mudah - mudahan waktu menghadapi pelantikan berjalan lancar berakhir dengan bahagia, tantangan ke depan lebih sangat berat, pak Anas pernah menyampaikan jaman berbeda tantangan berbeda,kita tetap memasang kuda- kuda menghadapi tantangan tersebut, Saya akan banyak belajar dari Bupati sebelumnya seperti Bupati perempuan.


Saya akan terus menggali potensi- potensi yang ada di Banyuwangi,karena tantangan ke depan sangat berat seperti adanya Covid-19. Kita harus banyak berinovasi agar tokoh masyarakat yang sudah memilih kami tidak kecewa, janji- janji politik kita siapkan ketika di kritik,kita sudah mempunyai gambaran kepada semua tokoh masyarakat tahapan- tahapan kami lakukan janji politik kepada semua tokoh masyarakat.


Sejak setelah selesai Pilkada kami sudah berkomunikasi dan berkunjung silahturahmi ke pak Yusuf dan saling menyapa, kami akan mengakomodinir  progam - program atau isu- isu politik nomer 01 yang di sampaikan. Karena semua misi - misi ini baik dan berkomunikasi sama temen - temen Paslon nomer 01." ujar Ipuk Festiandani.


Dari hasil Rekapitulasi KPU Pasangan Ipuk Festiandani - H. Sugirah memperoleh 438.847 suara . Sementara pasangan Yusuf Widyatmoko - Riza Azizy meraih 398.113 suara.


Rapat Acara Pleno Terbuka Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi oleh KPU berjalan dengan sangat lancar sekali, normal dan selesai dengan sangat aman sekali, kondusif. (*)

Post a comment

0 Comments