Anak sungai Kalibener jebol, 15 unit rumah terendam -->

Breaking news

Live
Loading...

Anak sungai Kalibener jebol, 15 unit rumah terendam

Sunday 11 April 2021

Doc. Istimewa


Jebolnya tanggul menyebabkan sedikitnya 15 unit rumah warga di area perumahan terendam banjir dengan ketinggian 90cm hingga 150cm. 


Banyumas, Purwokerto Selatan - Luapan anak sungai Kalibener menyebabkan tanggul yang berbatasan dengan perumahan Karang Pucung Permai di Kecamatan Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas jebol. Jebolnya tanggul disebabkan tingginya curah hujan selama lebih dari 3 jam yang mengguyur wilayah Kecamatan Purwokerto Selatan sejak Sabtu (10/4) sore.


Menurut laporan Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas, jebolnya tanggul menyebabkan sedikitnya 15 unit rumah warga di area perumahan terendam banjir dengan ketinggian 90cm hingga 150cm. Sementara dilaporkan 1 keluarga atau 3 warga diungsikan karena lokasi rumah dekat dengan tembok tanggul yang jebol.


Hingga saat ini BPBD Banyumas terus berkoordinasi dengan Koramil Purwokerto Selatan, Polsek Purwokerto Selatan, Perangkat Kelurahan Karangpucung, Tagana, BHV dan relawan gabungan untuk meninjau lokasi, melakukan pendataan dan evakuasi korban terdampak.


Sementara itu, kondisi terkini di lokasi pada Minggu, (11/4) pukul 10.00 WIB banjir sudah mulai surut dan dilakukan kerjabakti pembuatan tanggul sementara untuk mengantisipasi adanya banjir susulan. 


Berdasarkan prakiraan cuaca yang terpantau melalui prakiraan cuaca tiga harian di website BMKG, kota Purwokerto masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada hari ini (11/4) hingga Selasa (13/4). Masyarakat diharapkan untuk tetap waspada dan siap siaga terhadap potensi bahaya susulan. (*)