Wakil Bupati Tanah Bumbu Buka Pra Musrenbangdes 2021 di Desa Lasung -->

Breaking news

News
Loading...

mgid

Wakil Bupati Tanah Bumbu Buka Pra Musrenbangdes 2021 di Desa Lasung

: Tim Media-INVESTIGASI.COM
Monday, 21 June 2021



Tanah Bumbu - Wakil Bupati Tanah Bumbu, Muhammad Rusli bersama Dinas PMD, camat, kepala desa dan tokoh masyarakat menghadiri musrenbang penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2022, bertempat di Desa Lasung, Kecamatan Kusan Hulu, Kabupaten Tanah Bumbu, Senin (21/06/2021).


Kegiatan musrenbang tersebut dilaksanakan atas dasar UU No. 25 Th.2004 tentang sistem perencanaan pembangunan Nasional dan UU No. 6 tahun 2014 tentang desa. Peraturan pemerintah No. 43  tahun 2014 tentang peraturan pelaksanaan UU No. 6 tahun 2014. Sebagai pedoman Mendagri No. 114 tahun 2014, serta peraturan menteri desa, pembangunan tertinggal dan Transmigrasi No. 21 tahun 2019 tentang pedoman umum pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Dengan tujuan, mencermati ulang dokumentasi RPJM Desa, serta menyikapi hasil pencermatan ulang dokumen RPJMD sebagai bahan penyusunan rancangan RKPDes.


Pra Musrenbangdes 2021 dibuka oleh Wakil Bupati Tanah Bumbu, M. Rusli dilanjutkan dengan sambutan dan arah kepada warga masyarakat Desa Lasung mengatakan, agar dalam pelaksanakan musrenbangdes dilaksanakan sesuai aturan yang sudah ada. Penyusunan program dan perencanaan harus sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Tanah Bumbu.


“Perencanaan program skala priolitas untuk peningkatan perekonomian dan pembangunan desa. Dan berharap kepada warga masyarakat Desa Lasung  dalam proses penyusunan  perencanaan dan pembangunan ikut berperan dan berpartisi dalam pelaksanaan musrenbangdes ini,” ungkapnya.

 

Acara dilanjutkan dengan arahan secara teknis oleh Kepala Dinas PMD yang disampaikan melalui Muamar, setiap fungsional sebagai penggerak swadaya masyarakat desa.


“Terkait penyusunan program di musrenbangdes harus sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Tanah Bumbu. Program perencanaan harus skala priolitas dalam meningkatan perekonomian dan pembangunan desa,” katanya.


Salafuddin, S.Ag Kepala Desa Lasung dalam sambutannya berharap, pelaksanaan pra musrenbangdes diikuti secara cermat. Berharap warga bisa memberikan usulan dan masukan dalam acara  pra musrenbangdes skala priolitas.


“Agar dalam  pelaksanaan  pembangunan  nanti bisa tercapai sesuai dengan harapan masyarakat. Efektif dalam segala hal menuju kemajuan perekonomian dan pembangunan desa. Pra musrenbangdes, tidak hanya menyusun program pembangunan dan perekonomian desa sesuai misi visi Bupati Tanah Bumbu tapi juga meningkatkan SDM,” jelas Salafuddin.


Salafuddin berharap kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu apa yang sudah tersusun dalam musrenbangdes ini bisa terlealisasi semua. (Sar)