Lakukan rekonsiliasi dengan Ulama, Tokoh Katolik berikan saran kepada Presiden? -->

Advertisement

Breaking news

News
Loading...

Lakukan rekonsiliasi dengan Ulama, Tokoh Katolik berikan saran kepada Presiden?

: Tim Media-INVESTIGASI.COM
Monday, 9 August 2021

Dok. istimewa (Presiden RI Joko Widodo)


Jakarta - Tokoh Katolik, Antonius Boediono atau Romo (bapak), memberikan saran kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melakukan rekonsiliasi dengan para ulama yang tengah diproses hukum, termasuk eks pentolan FPI Habib Rizieq Shihab.


Dalam akun Twitternya, ia menilai dengan duduk bersama ulama, maka akan menurunkan suhu ketidakpercayaan rakyat kepada Pemerintah. 


"Jika saya Jokowi~ saya akan lakukan Rekonsiliasi dengan para Ulama (yang dikriminalisasi dibebaskan dari proses Hukum dan Hukuman) kemudian duduk bersama para Ulama termasuk Habib Rizieq Shihab dan berdoa bersama memohon ampunan Gusti Allah," tulisnya dalam akun Twitternya, @asboediono_id, seperti dilihat, Senin (9/8/2021).



"Lewat kebersamaan itu sendiri membuka pintu Keberkahan Gusti Allah dan moment sejarah peradaban Manusia," sambung dia. 


Lebih lanjut, ia mengatakan persoalan kemanusiaan, berbangsa hingga bernegara, agar tidak menggunakan pendekatan politik. 


"Tetapi gunakan hati yang dipenuh ikejujuran serta libatkan Tuhan agar ikut dalam pekerjaan itu," katanya.


Sementara itu, ia mengatakan jika Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim, maka ajaklah umat duduk bersama berbicara dari hati ke hati.


"Yang paling amburadul adalah di jaman Reformasi semua tatanan dilanggar agar nafsu dan ambisi bejat dapat tersalurkan dengan baik tanpa berpikir akibat dan nasib rakyat dan itu kenyataan," tuturnya. 


"Saya hanya mengajak agar Jokowi mau duduk bersama Habib Rizieq Shihab dalam suasana bebas tanpa tekanan politik dan intervensi hukum kemudian berdoa bersama memohon Ampun kepada Yang Maha Kuasa dalam Doa Tobat bersama Keteladanan dan Ketulusan," tukasnya. (rs/we)