Pembangunan Lembaga Kemasyarakatan Desa Kertomulyo di Sorot Publik -->

Breaking news

News
Loading...

Pembangunan Lembaga Kemasyarakatan Desa Kertomulyo di Sorot Publik

: Tim Media-INVESTIGASI.COM
Thursday, 30 September 2021

Bangunan yang sedang di bangun adalah gedung serba guna.


Pati - Berawal dari pengaduan masyarakat pada media ini, maka pada hari Rabu (27/09/2021) awak media ini melakukan klarifikasi ke desa Kertomulyo kecamatan Margoyoso kabupaten pati jateng , hasil klarifikasi menemukan beberapa kejanggalan-kejanggalan yang ada di pembangunan tersebut 30 September 2021.


Untuk melengkapi bahan berita Awak media melakukan konfirmasi ke salah satu perangkat yang mengaku sebagai bendahara desa,  di aula kantor pemdes kertomulyo, Ia mengatakan karena pada hari itu kadesnya sedang pergi ke luar kota, dan dia mengatakan ke awak media,"bangunan yang sedang di bangun adalah gedung serba guna yang bersumber dari Dana desa (DD) dan papan informasinya katanya sudah di buat tetapi belum di pasang sama pak inggi", ucapnya.


Yang menjadi pertanyaan dari publik kenapa bangunan yang hampir mau jadi papan informasinya tidak ada sama sekali.


Di tempat terpisah awak media ini konfirmasi kepada Kades kertomulyo via WhatsApp nya menyampaikan bahwa masyarakat yang komplin itu adalah masyarakat yang tidak mau Desanya maju, dan berharap kepada wartawan media ini untuk cek lagi ke desa karena papan informasinya sudah di pasang, kalau ternyata tidak di pasang akan saya marahi PPKnya, tuturnya.


Sesuai permintaan Kades maka pada tanggal 30 September 2021 wartawan media ini dapat informasi kalau papan nama proyek sudah di pasang, akan tetapi tanggal, bulan, tahun pelaksanaan serta waktu pekerjaan tidak ada sehingga terkesan ada hal yang di tutupi.

Padahal dalam undang-undang  14 tahun 2008 menjelaskan bahwa tentang keterbukaan informasi publik menegaskan sebagaimana yang terdapat dalam pasal 28 F undang-undang dasar negara republik indonesia  tahun 1945 yang menyebutkan bahwa setiap orang berhak  berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya. Bersambung (hdi/tim)