KPK Diingatkan Harun Masiku sampai saat ini masih buron -->

Breaking news

News
Loading...

KPK Diingatkan Harun Masiku sampai saat ini masih buron

Wednesday, 29 December 2021

Hingga saat ini, Harun Masiku belum juga bisa ditemukan batang hidungnya oleh KPK. Kurnia menilai KPK seolah tak mau mengusut Harun Masiku sejak awal, dok. istimewa (29/12).


Jakarta - Indonesia Corruption Watch (ICW), Transparency International Indonesia, dan juga Pukat UGM mengingatkan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri bahwa Harun Masiku sampai saat ini masih buron.


"Soal meringkus buronan sudah pasti ada mantan caleg PDIP di situ, Harun Masiku, meski ada beberapa buron lain, tapi ini yang ramai 2 tahun terakhir," kata peneliti ICW Kurnia Ramadhana, Senin (27/12).


Hingga saat ini, Harun Masiku belum juga bisa ditemukan batang hidungnya oleh KPK. Kurnia menilai KPK seolah tak mau mengusut Harun Masiku sejak awal, karena banyak kejanggalan saat mengusut kasus rasuah tersebut.


"KPK tak mampu atau entah tak mampu atau tak mau menjangkau Harun Masiku dan kejanggalan ini sudah kami lihat sejak awal, ketika KPK akan menangkap sejumlah orang di PTIK tidak adanya pengawalan dari pimpinan KPK, kemudian tidak ada penggeledahan di kantor DPP PDIP, hingga tim yang mencari Harun Masiku ini diberhentikan oleh pimpinan KPK," ucap Kurnia.


"Jadi bagi kami Harun ini bukan tidak mampu, tetapi tidak mau diringkus oleh KPK," terangnya.


Harun Masiku sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK pada 9 Januari 2020. Dia diduga menyuap eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan SGD 57.350 atau setara Rp 600 juta. (dw/*)