Mantan Panglima TNI, Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto resmi ditunjuk jadi Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022 -->

Breaking news

Live
Loading...

Mantan Panglima TNI, Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto resmi ditunjuk jadi Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022

Saturday 25 December 2021

Ajang balap MotoGP Mandalika merupakan kompetisi balapan motor kelas dunia dan memiliki banyak penggemar di seluruh dunia, dok.Instagram @sandiuno (25/12).


Jakarta - Presiden Joko Widodo resmi menunjuk Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto menjadi Komandan Lapangan dalam penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022. Nantinya, Mantan Panglima TNI itu akan mendapat beberapa tugas demi melancarkan ajang balap MotoGP di Indonesia.


Dalam unggahan foto di akun Instagram milik Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno @sandiuno, dirinya menjelaskan soal ditunjuknya Hadi Tjahjanto sebagai Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022.


Menurut Sandi, ajang balap MotoGP Mandalika merupakan kompetisi balapan motor kelas dunia dan memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Tentu, hal tersebut harus dilakukan persiapan sebaik mungkin sehingga dapat menjadi pemicu kebangkitan ekonomi Indonesia.


Hal ini juga mendukung program dari gerak cepat dan gerak bersama (Gercep dan Geber) untuk persiapan seri MotoGP Mandalika di tahun depan. Nantinya, akan ada berbagai persiapan yang akan dilakukan guna mendukung balapan MotoGP tersebut di Indonesia.


"Oleh karenanya perlu treatment khusus, kerjasama seluruh pihak termasuk serta melibatkan masyarakat sekitar demi terciptanya lapangan pekerjaan," tulis Sandiaga Uno di akun Instagramnya.


Rencananya, dalam jangka waktu tiga bulan ke depan pemerintah akan terus melakukan koordinasi, kembali melakukan sejumlah evaluasi, dan menyelesaikan beberapa tahap persiapan agar ajang balap MotoGP Mandalika 2022 berjalan sukses.


"Dalam jangka waktu 3 bulan ke depan, kami bersepakat untuk terus berkoordinasi, mengevaluasi dan menyelesaikan setiap tahap persiapan yang ada agar tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu," ujarnya.


Sementara itu, Kepala Biro Operasional (Karoops) Polda NTB, Komisaris Besar Polisi Imam Thobroni mengatakan, ke depannya akan diadakan rapat intensif perihal persiapan MotoGP Mandalika. Rapat tersebut rencananya bakal terlaksana pada Januari 2022, menyusul Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto yang telah ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Komandan Lapangan MotoGP Mandalika.


"Mulai Januari 2022 kita rapatkan barisan dengan seluruh pihak dan membahas persiapan secara matang," ungkap Imam dikutip dari Antara.


Indonesia masuk kalender pergelaran MotoGP 2022. Dorna Sports telah menetapkan pelaksanaan MotoGP di Indonesia pada 18-20 Maret 2022 dan WSBK pada 11-13 November 2022.


Kini, Sirkuit Mandalika tengah berbenah untuk menyambut MotoGP Mandalika pada tahun depan. Sejumlah perbaikan meliputi akses keluar masuk kendaraan, pedestrian dan saluran drainase di sekitar sirkuit, penataan landscape, serta menyelesaikan pembangunan Pit Building (non modular part).


Untuk menggelar MotoGP, grand stand atau tribun di Sirkuit Mandalika juga akan ditambah di 11 titik yang mengelilingi sirkuit. Penambahan grandstand ini diperlukan sebagai antisipasi jumlah penonton MotoGP yang diperkirakan akan lebih banyak daripada WSBK. Seluruh pekerjaan ini ditargetkan akan selesai pada awal Maret 2022. (dw/*)