Polri Jamin Keamanan di Papua Saat Peringatan HUT OPM -->

Breaking news

Live
Loading...

Polri Jamin Keamanan di Papua Saat Peringatan HUT OPM

Wednesday 1 December 2021


Polri mengedepankan upaya-upaya edukasi dan sosialisasi terkait dengan keamanan dan ketertiban di Bumi Cendrawasih, dok. istimewa (01/12).


Jakarta - Polri menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas ) di Papua, menyusul adanya kegiatan peringatan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM), Rabu (1/12/2021).


"Tentunya Polri akan menjaga situasi kamtibmas di Papua," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Selasa (30/11/2021).


Demi menjaga kondisi kamtibmas ini, kata Ramadhan, Polri akan melakukan upaya-upaya preemtif atau upaya pencegahan. Selain itu, Polri mengedepankan upaya-upaya edukasi dan sosialisasi terkait dengan keamanan dan ketertiban di Bumi Cendrawasih.


"Pada prinsipnya kami akan menjaga situasi kamtibmas aman dan terkendali," tegas KombesPol Ramadhan.


Sebelumnya, Tentara Pembebasan Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) akan mengibarkan bendera bintang kejora untuk merayakan momentum 1 Desember yang diklaimnya sebagai hari kemerdekaan Papua Barat.


Tanggal tersebut juga kerap disandingkan pemerintah dan aparat keamanan sebagai hari ulang tahun (HUT) OPM. Berdasarkan kabar yang viral di media sosial, bendera Bintang Kejora tersebut rencananya akan dikibarkan di Kabupaten Intan Jaya. (dw/*)