Menunggu penetapan Ramadhan 2022,.. -->

Breaking news

Live
Loading...

Menunggu penetapan Ramadhan 2022,..

Thursday 31 March 2022

dok. istimewa/ Sidang isbat digelar sesuai Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, (31/3).


Jakarta - Penetapan 1 Ramadhan 2022 akan diputuskan dalam sidang isbat. Kementerian Agama (Kemenag) akan melaksanakan sidang isbat pada tanggal 1 April 2022 besok.


Sidang isbat akan dilaksanakan secara offline dan online karena kondisi pandemi yang masih berlangsung. Berikut informasi selengkapnya tentang penetapan 1 Ramadhan 2022.


Penetapan 1 Ramadhan 2022: Pelaksanaan Sidang Isbat
Penetapan 1 Ramadhan 2022 akan diumumkan setelah ada keputusan resmi berdasarkan sidang isbat. Sidang isbat 1 April nanti akan dilaksanakan secara hybrid karena kondisi pandemi COVID-19.


"Karena masih pandemi, sidang akan kembali digelar secara hybrid, dalam arti gabungan antara daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan," kata Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, Kamis (31/3).


Sidang isbat digelar sesuai Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijah. Pelaksanaan sidang isbat akan digelar secara luring di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta dan telekonferensi lewat jaringan internet.


Penetapan 1 Ramadhan 2022: Pihak-pihak yang Terlibat Sidang Isbat.


Sidang isbat oleh Kemenag nanti akan melibatkan beberapa pihak. Pihak-pihak yang akan diundang di antaranya sebagai berikut.


Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama
Duta besar negara sahabat
Perwakilan ormas Islam
Perwakilan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan)
Perwakilan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)
Pimpinan MUI dan Komisi VIII DPR RI
Penetapan 1 Ramadhan 2022: Tahap-tahap Pelaksanaan Sidang Isbat
Sidang isbat Ramadhan 2022 akan digelar tanggal 1 April mendatang. Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag Adib membagi tahapan pelaksanaan sidang isbat sebagai berikut.


Pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1443 H dilakukan oleh Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag mulai pukul 17.00 WIB secara terbuka dan disiarkan melalui live streaming. Posisi hilal tersebut berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi).
Pelaksanaan sidang isbat penetapan awal Ramadan 1443 Hijriah. Bagian ini digelar secara tertutup setelah salat Magrib. Sidang isbat akan merujuk pada data hisab (informasi) dan hasil rukyatul hilal (konfirmasi) yang dilakukan Tim Kemenag di seluruh Indonesia.


Telekonferensi pers hasil sidang isbat akan disiarkan secara langsung oleh TVRI dan media sosial Kemenag. (dw/*)