Yoon Suk-yeol, terpilih sebagai presiden Korea Selatan 2022-2027, Presiden Jokowi sampaikan ini,.. -->

Breaking news

News
Loading...

Yoon Suk-yeol, terpilih sebagai presiden Korea Selatan 2022-2027, Presiden Jokowi sampaikan ini,..

Sunday, 13 March 2022

dok. istimewa/ Selamat kepada presiden terpilih Yoon Suk-yeol. Saya berharap dapat bekerja sama dengan Anda untuk lebih memajukan Kemitraan Strategis RI-ROK, (13/3).


Jakarta - Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat kepada presiden terpilih Korea Selatan 2022-2027, Yoon Suk-yeol, sembari mengungkapkan keinginan untuk terus mempererat hubungan bilateral kedua negara.


"Selamat kepada presiden terpilih Yoon Suk-yeol. Saya berharap dapat bekerja sama dengan Anda untuk lebih memajukan Kemitraan Strategis RI-ROK," cuit Presiden dalam akun Twitter resmi, @jokowi, Sabtu (12/3).



Yoon merupakan mantan jaksa agung Korsel, yang maju sebagai calon dari Partai People Power (PPP) dan memenangi pemilihan presiden Korsel 2022-2027 mengungguli pesaing terdekatnya, calon dari Partai Demokratik Lee Jae-myung.


Presiden terpilih meraup suara 48,56 persen unggul tipis dari Lee yang mendapatkan 47,83 persen suara, sebagai hasil pemilihan presiden Korsel dengan selisih kemenangan terdekat sepanjang sejarah.


Yoon akan menggantikan Presiden Moon Jae-in, yang tak maju lagi dalam pemilihan karena konsitusi Korsel hanya mengizinkan presiden menjabat dalam satu kali masa jabatan lima tahun.


Dalam cuitan yang sama, Presiden Jokowi juga berterima kasih atas kinerja Presiden Moon yang selama ini telah menguatkan hubungan persahabatan Indonesia-Korsel.


"Terima kasih juga untuk kawan baik saya Presiden Moon Jae-in atas dedikasinya dalam memperkuat persahabatan antara Indonesia dan Korsel," tulis Presiden Jokowi dengan membubuhkan simbol bendera Indonesia dan Korsel. (dw/*)