Harus paham yang tidak suka Anies,..peluang Anies menang di pilpres 2024 disebut terbuka -->

Breaking news

Live
Loading...

Harus paham yang tidak suka Anies,..peluang Anies menang di pilpres 2024 disebut terbuka

Saturday 10 September 2022

dok. istimewa/ Hasil temuan survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bertajuk “Prospek Anies Baswedan di Pilpres 2024, (10/9).


Jakarta -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinilai punya peluang untuk memenangi Pilpres 2024 seandainya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tidak ikut dalam kontestasi.


Hak itu diungkap dari hasil temuan survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bertajuk “Prospek Anies Baswedan di Pilpres 2024”, yang dirilis pada Kamis (8/9/2022).


Direktur Riset SMRC Deni Irvani menyebut, jika pemilihan presiden diadakan sekarang dan yang maju hanya dua calon, yakni Anies dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dengan asumsi semua pemilih tahu keduanya, maka perolehan suara keduanya bersaing ketat.


"Anies didukung 38 persen suara, bersaing ketat dengan Prabowo yang mendapatkan dukungan 41,5 persen," kata Deni dalam rilis surveinya.


"Dukungan kepada kedua calon tersebut tetap tidak berbeda signifikan secara statistik sehingga tidak bisa disimpulkan siapa yang lebih unggul. Dan masih ada 20,4 persen yang belum tahu," jelasnya.


Akan tetapi, berdasarkan survei SMRC ini, apabila Ganjar ikut dalam kontestasi, maka Anies dan Prabowo bakal kalah.


Ganjar diprediksi mendapat dukungan 44,6 persen, unggul signifikan atas Prabowo (25,7 persen) dan Anies (21,7 persen).


"Yang tidak menjawab 8 persen," ujar Deni.


“Jika Anies menghadapi Prabowo dan Ganjar tidak ikut bersaing, maka peluang Anies menang atas Prabowo cukup terbuka. Namun jika Ganjar ikut bersaing, peluang Anies menang menjadi kecil,” jelasnya.


Survei SMRC ini dilakukan secara tatap muka pada 5-13 Agustus 2022. Populasi survei adalah seluruh warga negara Indonesia yang yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.


Dari populasi itu dipilih secara random (stratified multistage random sampling) dengan 1.220 responden. Sementara, response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 1.053 atau 86 persen.


Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar lebih kurang 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen (asumsi simple random sampling).
(dw/*)