Kirab Budaya Pusaka Lokal Mpu Sanibin Ikon Maskot Pusaka -->

Breaking news

Live

Baca Kami di Helo

Kirab Budaya Pusaka Lokal Mpu Sanibin Ikon Maskot Pusaka

Sunday, 30 October 2022

dok. istimewa/ Dengan adanya kegiatan ini, kedepannya bisa diimitasikan dalam kegiatan rutinan. (30/10).


Lumajang - Demi menjaga dan melestarikan Budaya Warisan Leluhur, Paguyuban Pusaka Arya Wiraraja menggelar kirab Budaya berupa Pusaka Mpu Sanibin, bersama Polres Lumajang. Yang dilanjutkan dengan pameran Pusaka dan barang antik.


Kirab dilakukan dari depan Kantor Bupati Lumajang menuju Perpustakaan Daerah Mula Malurung, dengan dimeriahkan seni Reog dan drama teatrikal.

Kapolres Lumajang, AKBP Dewa Putu Eka Darmawan, S.I.K., M.H., mengatakan bahwa, kegiatan tersebut sengaja dikemas untuk memperingati hari Sumpah Pemuda. Yang mana kegiatan itu diharapkan bisa menggairahkan ekonomi lokal, khususnya pelaku UMKM dalam bidang Budaya.

Dengan adanya kegiatan ini, kedepannya bisa diimitasikan dalam kegiatan rutinan. Tentunya, acara seperti ini bisa untuk memberikan informasi, pengetahuan dan edukasi kepada generasi penerus, supaya tidak lupa akan Budaya Leluhur.

“Pameran dan kirab Budaya ini merupakan salah satu cara kita mengapresiasi warisan dari nenek moyang kita,” tutur Dewa Putu, Jum’at (28/10/2022).

Ketua Paguyuban, Musoli mengaku pihaknya akan senantiasa merawat dan melestarikan budaya yang ada di Lumajang. Utamanya Pusaka-Pusaka lokal karya Mpu Sanibin.

“Yang dipamerkan banyak jenis, ada tombak, keris. Tapi kita perkenalkan juga pusaka lokalnya juga karena itu warisan asli Lumajang,” imbuhnya.

Sementara, Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati, MSi, berencana menjadikan kegiatan kirab Budaya dan pameran Pusaka sebagai agenda rutin tiap tahun. Karena selain untuk melestarikan Budaya juga bisa menjadi Destinasi Wisata, khususnya bagi pecinta Pusaka dan barang antik.

“Pameran ini bisa untuk menambah wawasan dan wacana kita, apalagi bagi anak-anak sekolah. Banyak informasi yang diperoleh dari kegiatan ini, yang belum tentu kita tau sebelumnya,” pungkasnya.