Para Kyai Dan Gawaqis Ikutii Lomba Ngliwet Dihari Santri -->

Breaking news

Live

Baca Kami di Helo

Para Kyai Dan Gawaqis Ikutii Lomba Ngliwet Dihari Santri

KAPERWIL MEDIA INVESTIGASI JATIM
Sunday, 6 November 2022


Lumajang - Wakapolres Lumajang Kompol Andi Febriyanto Ali, S.E menghadiri acara lomba masak nasi liwet di Depan Kantor Pemkab Lumajang, Jalan Alun-Alun Utara, Sabtu (5/11/2022).


Lomba masak nasi liwet di gelar Pemkab Lumajang tersebut dalam rangka untuk memperingati hari Santri Nasional Tahun 2022.

Lomba ngeliwet dihadiri Bupati Lumajang Thoriqul Haq, Wakapolres Lumajang Kompol Andi Febriyanto Ali, Ka. Kankemenag Kab. Lumajang H. Muslim, Sekda Kab. Lumajang Agus Triyono, Wakil Ketua 1 DPRD H. Bukasan, Ketua Baznas Kab. Lumajang Atok, serta Gawagis (Putra Kyai) pondok pesantren yang ada di Kabupaten Lumajang.

Dalam lomba tersebut ada 30 kelompok yang terdiri dari berbagai pondok pesantren di Lumajang yang mengikuti lomba ngeliwet ini. Pesertanya, bukan dari santri-santri yang masih aktif mondok, tetapi para kiai dan gawagis.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyampaikan, bahwa menanak nasi liwet sudah menjadi kebiasaan santri saat menuntut ilmu di pondok pesantren. Karena itu, lomba ngeliwet tersebut tidak menjadi hambatan bagi bupati, karena dulu saat berada di pondok ngeliwet sudah menjadi hal yang biasa dilakukan.

"Kegiatan ini digelar dalam rangka menyemarakkan Hari Santri Tahun 2022. Ini harus kita persiapkan lebih matang lagi, sehingga tahun depan lomba ngeliwet bisa kita selenggarakan lebih meriah lagi," ujarnya.

Dalam ajang perlombaan tersebut bahan yang dibuat untuk ngeliwet sudah di sediakan, seperti beras beserta lauk pauknya. Bahkan, semua keperluan atau perlengkapan yang digunakan peserta untuk menanak nasi liwet juga sudah disediakan panitia. (dsr)