Ekspor perdana Motor Listrik Gesits ke Senegal, bagaimana spek nya? -->

Breaking news

Live
Loading...

Ekspor perdana Motor Listrik Gesits ke Senegal, bagaimana spek nya?

Sunday 17 October 2021

Sebanyak satu kontainer motor listrik Gesits dilepas dari Pabrik WIMA di Kawasan Industri WIKA, Cileungsi - Bogor, Jawa Barat menuju pasar Senegal, Afrika Barat. (Dok istimewa)


Jakarta - Motor listrik buatan lokal, Gesits resmi melakukan debutnya perjalanan ke pasar luar negeri. PT WIKA Industri Manufaktur (WIMA) melakukan ekspor perdana Motor Listrik Gesits ke Senegal, pada hari Sabtu (16/10) lalu. 


Bagaimana TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) dan spesifikasi motor listrik ini?


Sebanyak satu kontainer motor listrik Gesits dilepas dari Pabrik WIMA di Kawasan Industri WIKA, Cileungsi - Bogor, Jawa Barat menuju pasar Senegal, Afrika Barat. Agenda ini merupakan kelanjutan promosi motor Gesits yang dilakukan KBRI Dakar sebelumnya tanggal 8 Juni 2021 di Promenade de Thiessois, Thiès, Senegal.


"Ekspor Gesits ke Senegal ini akan membuka pasar ke negara-negara di sekitarnya. Senegal merupakan negara paling stabil secara politik di kawasan, dan merupakan pintu masuk atau hub bagi negara-negara di sekitarnya," Dubes LBBP RI Dakar, Dindin Wahyudin dalam keterangan resminya.


Direktur Utama WIMA, M. Samyarto mengatakan bahwa ekspor motor listrik GESITS ini merupakan perdana dilakukan oleh WIMA setelah pada bulan Juni lalu dilakukan peluncuran resmi Gesits di Senegal oleh Duta Besar RI Dakar.


"Pelaksanaan ekspor perdana Motor Listrik Gesits ini adalah suatu bukti nyata bahwa kualitas produk yang lahir dari anak bangsa Indonesia, tidak hanya dapat digunakan di Indonesia saja, namun mampu bersaing di pasar global. Hal ini juga membuktikan bahwa Gesits adalah suatu produk yang unggul dan berkualitas dikelasnya," ujar Samyarto.


Momentum kedatangan motor listrik Gesits tersebut, nantinya akan dimanfaatkan KBRI Dakar pada acara pameran dagang terbesar di Senegal (FIDAK), awal Desember 2021. Pameran Dagang ini tidak hanya akan dihadiri oleh masyarakat Senegal, namun juga potential buyers dari negara-negara lain, khususnya dari wilayah Afrika Barat.


Spesifikasi Gesits dan TKDN


Motor Listrik GESITS telah mendapatkan Sertifikat Uji Tipe (SUT) dari Kementerian Perhubungan RI sehingga sudah layak untuk digunakan masyarakat umum dan dapat diterbitkan STNK/BPKB layaknya sepeda motor konvensional saat ini.


Gesits memiliki 162 komponen dengan 85% komponen diproduksi di dalam negeri yang dipasok oleh 24 perusahaan dan 5 diantaranya BUMN. Untuk Nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Gesits saat ini sebesar 46,73%.


Menilik kemampuannya, Gesits dibekali motor listrik dengan tenaga puncak 5 kW dan menggunakan baterai Lithium NCM berkapasitas 1.44 KWh untuk 1 baterai den dapat digunakan dengan 2 baterai sehingga dapat berjalan hingga 100 kilometer per satu kali pengisian daya. Waktu pengisian daya antara 3 hingga 4 jam, dengan 30 min pertama dapat menempuh jarak 10 Km.


Sebagai motor unggulan yang diekspor ke Senegal, Gesits juga dibekali berbagai peranti untuk menunjang kenyamanan berkendara seperti memiliki fitur double disk brake, transmisi pulley, suspensi belakang monoshock, LED Daytime Running Lights, HID Projector Head Lamps. Selain itu, GESITS juga dilengkapi dengan digital dashboard yang dapat terkoneksi dengan ponsel pengendara.


Gesits hadir dalam tiga warna, yaitu merah, hitam dan putih. GESITS akan didukung dengan layanan purna jual, seperti dengan warranty battery selama 3 tahun. Di sisi lain Gesits juga menyediakan call center untuk melayani pelanggan serta bekerja sama dengan bengkel-bengkel yang tersebar di Indonesia agar akses terhadap suku cadang dan servis menjadi lebih mudah. (rs/dw)