Kapolda NTB: Lakukan pengamanan seluruh peralatan masuk lokasi -->

Breaking news

Live
Loading...

Kapolda NTB: Lakukan pengamanan seluruh peralatan masuk lokasi

Sunday 14 November 2021

Kapolda NTB Gelar Apel Pasukan dan Peralatan Operasi Mandalika Rinjani 2021. dok. istimewa (14/11).


Mataram -  Aparat keamanan yang bertugas dalam ajang balap motor di sirkuit Mandalika International Street Circuit, Nusa Tenggara Barat, sekarang mulai beroperasi.


Pasukan yang berasal dari personel gabungan TNI, Polri, dan instansi pemerintahan itu melaksanakan tugas pengamanannya pasca Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal menggelar apel pasukan dan peralatan Operasi Mandalika Rinjani 2021 di Lapangan Bhara Daksa, Mapolda NTB, di Mataram.


"Jadi seluruh peralatan dan personel hari ini masuk ke lokasi masing-masing untuk melakukan pengamanan. Ini semua, personel gabungan," kata IrjenPol  M Iqbal, Kamis (11/11).


Di kesempatan yang sama, Kapolda NTB megimbau kepada seluruh personel untuk melakukan pengamanan secara profesional dengan mengeluarkan seluruh kemampuan terbaiknya di lapangan.


Hal itu disampaikan karena mengingat ajang ini akan menjadi tolok ukur dari pertaruhan nama baik Indonesia sebagai salah satu lokasi penyelenggara tahunan balap motor kelas dunia.


Adapun dalam operasi ini, terlibat sebanyak 3.000 personel gabungan yang terdiri dari 2.058 personel Polda NTB beserta jajaran; 300 personel TNI; dan 465 personel gabungan dari instansi pemerintahan; serta 408 personel perbantuan dari Mabes Polri.


Adapun peralatan pendukung operasi, antara lain, dua unit kapal dan satu unit helikopter dari Korpolairud Baharkam Polri; 35 unit kendaraan roda dua dan 24 unit kendaraan roda empat dari Korlantas Polri; 16 kendaraan taktis Brimob; 19 ekor anjing pelacak K-9 dari Korsabhara Baharkam Polri.


Di samping itu, juga ada dua unit mobil pusat komando dari Divisi TIK Polri; 13 unit kendaraan khusus dari Ditpamobvit Korsabhara Baharkam Polri; lima tim jibom dan lima tim operator pesawat nirawak atau drone Korbrimob Polri.


Tugas pengamanannya tak hanya berada di sekitar kawasan sirkuit. Areal perbukitan yang ada di sekitarnya, perhotelan, pantai dan objek vital lainnya yang ada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika juga menjadi atensi pengamanan.


Keselamatan para penonton, pebalap bersama kru, dan pengunjung di KEK Mandalika menjadi bagian dari tugas pengamanan. Anggota akan melaksanakan tugas pengamannya melalui pos yang telah ditentukan. (dw/*)