Atas dasar kemanusiaan pengungsi Rohingya di tampung pemerintah Indonesia -->

Breaking news

Live
Loading...

Atas dasar kemanusiaan pengungsi Rohingya di tampung pemerintah Indonesia

Thursday 30 December 2021

Sebuah kapal yang membawa warga Rohingya terdampar di laut Indonesia, Senin (27/12/2021). [Dok.Antara]


"Keputusan ini dibuat setelah mempertimbangkan kondisi darurat yang dialami pengungsi di atas kapal tersebut. Dari pengamatan yang dilakukan, penumpang kapal tersebut didominasi oleh perempuan dan anak-anak", (30/12).


Jakarta - Pemerintah memutuskan menampung pengungsi Rohingya yang kini terapung di atas kapal di lautan dekat Kabupaten Bireuen, Aceh. Keputusan ini diambil atas dasar kemanusiaan, mengingat kondisi darurat yang dialami para pengungsi di kapal tersebut.


“Keputusan ini dibuat setelah mempertimbangkan kondisi darurat yang dialami pengungsi di atas kapal tersebut. Dari pengamatan yang dilakukan, penumpang kapal tersebut didominasi oleh perempuan dan anak-anak," kata Deputi bidang Koordinasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Kemenko Polhukam, Irjen Pol Armed Wijaya selaku ketua Satgas Penanganan Pengungsi dari Luar Negeri (PPLN) Pusat dalam keterangannya, Kamis (30/12/2021).


Armed mengatakan jumlah pasti para pengungsi di kapal tersebut baru akan diketahui setelah proses pendataan lebih lanjut. Kapal pengungsi tersebut diketahui sedang berada sekitar 50 mil laut lepas pantai Bireuen dan akan ditarik ke daratan.


“Pemerintah akan segera melakukan koordinasi dan penanganan pengungsi sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 125 Tahun 2016,” katanya.


Mengingat situasi pandemi, Armed mengatakan seluruh pengungsi akan menjalani skrining kesehatan untuk selanjutnya akan dilakukan pendataan dan pelaksanaan protokol kesehatan.


“Satgas Penanganan Pengungsi dari Luar Negeri Kemenko Polhukam akan melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah, TNI, Polri, dan pemangku kepentingan terkait lainnya agar pengungsi mendapatkan penampungan, logistik dan akses kesehatan,” ujarnya. (dw/*)