Habiskan anggaran Rp700 juta, Gubernur Banten Wahidin Halim resmikan Tugu Pamulang -->

Breaking news

Live
Loading...

Habiskan anggaran Rp700 juta, Gubernur Banten Wahidin Halim resmikan Tugu Pamulang

Saturday 8 January 2022

dok. istimewa/net


Desain Tugu Pamulang diambil dari sejarah hingga budaya Kota Tangerang Selatan, (8/1).


Tangerang Selatan - Gubernur Banten Wahidin Halim meresmikan Tugu Pamulang di Pamulang, Tangerang Selatan. Revitalisasi Tugu Pamulang ini menghabiskan anggaran sebesar Rp 700 juta.


Wahidin mengatakan desain Tugu Pamulang diambil dari sejarah hingga budaya Kota Tangerang Selatan. Selain itu juga ada sejarah dari Banten.


"Ya tadi awalnya saya nggak ngerti tapi lama-lama ngerti dari pak Arlan (Plt Kepala Dinas PUPR Banten). Historical, sejarah, kultural diambil dari kota Tangselnya, sejarah Bantennya berbagai simbol," kata Wahidin di lokasi, Sabtu, (8/1/2022).


Wahidin mengaku tak mempermasalahkan jika Tugu Pamulang yang merupakan aset Pemprov Banten dialihkan ke Pemkot Tangsel. Menurutnya, Tugu Pamulang ini dibangun untuk masyarakat.


"Ya kita sih gak ada masalah karena memang ini tugu jalan aja disitu. Jangan kamu bawa saya kepada problem polimek ini kota atau provinsi. Tidak karena ini jalannya jalan kita, jalan provinsi, ya kita bangun untuk masyarakat. Kalau nanti dikelola oleh Kota, Kabupaten nggak ada masalah apa-apa," jelas Wahidin.


Revitalisasi Tugu Pamulang sendiri menghabiskan anggaran sebesar Rp 700 juta. Pengerjaan revitalisasi dilakukan selama dua bulan.


"Kita menggunakan anggaran APBD Provinsi Banten 2021 di Dinas PUPR yang melaksanakan di UPTD Tangerang. Total anggarannya Rp 700 juta. Pengerjaan hampir dua bulan," kata Plt Kepala Dinas PUPR Banten, Arlan Marzan di lokasi, Sabtu, (8/1/2022).


Arlan menjelaskan untuk biaya perawatan Tugu Pamulang selama satu tahun memerlukan biaya sekitar Rp 50 juta. Kedepan, Tugu Pamulang akan dipasangkan pagar-pagar agar tidak ada yang merusak.


"Sekitar Rp50 juta setahun karena kita ada lampu-lampu, kemudian ke depan mau pasang pagar kita khawatir ada yang masuk merusak," ucap Arlan.


Sementara itu, salah satu warga Pamulang, Iwan mengaku bangga atas revitalisasi Tugu Pamulang. Iwan mengatakan Tugu Pamulang saat ini lebih bagus. "bangga intinya mah bangga aja, ada ikonnya," jelas Iwan.


"Sebelumnya sama aja sih, cuma kurang menarik aja. Sekarang lebih bagus," imbuhnya. (dw/*)