Didepan delegasi B20, Presiden Jokowi tegaskan Indonesia tidak ekspor bahan mineral mentah -->

Breaking news

Live
Loading...

Didepan delegasi B20, Presiden Jokowi tegaskan Indonesia tidak ekspor bahan mineral mentah

Saturday 29 January 2022

dok. istimewa: Presiden Joko Widodo/ Indonesia memiliki kekayaan sumber daya mineral logam yang dibutuhkan untuk mendorong transisi menuju ekonomi hijau yang berkelanjutan. Kami memastikan akan mensuplai cukup bahan-bahan tersebut untuk kebutuhan dunia, (29/1).


Jakarta - Presidensi B20 Indonesia tahun 2022 resmi dibuka oleh Presiden Jokowi. Acara tersebut berlangsung pada Kamis malam (27/1/2022) dan dihadiri oleh seluruh delegasi anggota B20.


Jokowi dalam pidatonya mengatakan jika momentum ini akan menjadi peluang sekaligus ajang terciptanya terobosan pemulihan ekonomi global di tengah pandemi Covid-19.


"Kita harus memanfaatkan peluang ini untuk mewujudkan tata kelola dunia lebih baik yang memberikan kesejahteraan dan kemakmuran serta menjamin kebutuhan ekonomi yang lebih inklusif dan berkelanjutan," ujarnya pada Kamis (27/1/2022).


Lebih lanjut, Jokowi mengatakan jika pihaknya akan memanfaatkan tiga peluang utama, yaitu di bidang transisi green economy, digital economy, dan perbaikan arsitektur kesehatan global yang lebih responsif untuk menghadapi pandemi global. 


Menariknya, dalam bidang green economy, Jokowi dengan tegas mengatakan bahwa Indonesia tak lagi melakukan ekspor bahan mineral mentah melainkan dalam bentuk barang jadi atau setengah jadi.


"Indonesia memiliki kekayaan sumber daya mineral logam yang dibutuhkan untuk mendorong transisi menuju ekonomi hijau yang berkelanjutan. Kami memastikan akan mensuplai cukup bahan-bahan tersebut untuk kebutuhan dunia. Namun bukan dalam bentuk bahan mentah tetapi dalam bentuk barang jadi atau setengah jadi yang bernilai tambah tinggi," pungkasnya. (dw/*)