Ratusan Personil Kepolisian Atasi Kemacetan di Jalur Puncak -->

Breaking news

Live
Loading...

Ratusan Personil Kepolisian Atasi Kemacetan di Jalur Puncak

Monday 28 February 2022

dok. istimewa/ Ratusan personil lalu lintas itu ditempatkan di jalur menuju puncak sepanjang 22 kilometer, (28/2).


Jakarta -  Ratusan personil lalu lintas dikerahkan untuk mengurai kepadatan arus yang terjadi di kawasan Puncak arah Bogor ataupun sebaliknya sejak Minggu (27/2/2022) sampai saat ini.


"168 personil diturunkan," ujar Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Dicky Anggi Pranata saat dikonfirmasi wartawan, Senin (28/2/2022).


Dikatakan AKP Dicky, ratusan personil lalu lintas itu ditempatkan di jalur menuju puncak sepanjang 22 kilometer. Mereka akan mengatur arus agar tidak terjadi lonjakan seperti kemarin.


"Kami sudah menempatkan penebalan personil masal di jalur puncak 22 kilometer. Ini kan ada 23 titik kami sebar personil di sana, penebalan di sana. Nanti kami antisipasi apabila ada lonjakan seperti kemarin," sambung AKP Dicky.


Di sisi lain, AKP Dicky menyebut pihaknya masih menerapkan pola one way (satu arah) bawah untuk mengurangi arus lalu lintas dari atas yaitu Cianjur. Diharapkan, dengan pola ini tidak lagi terjadi kepadatan hingga Senin (28/2/2022) siang nanti.


"Kita kurangi dulu ke bawah, agar nanti pada siang hari tidak terlalu berat arusnya. Untuk saat ini, kondisi lalin sudah terurai," jelas AKP Dicky.


Sebelumnya, AKP Dicky mengungkap terdapat beberapa faktor yang menyebabkan lonjakan kepadatan lalu lintas di kawasan Puncak, Bogor.


Pertama, banyak ditemukan kendaraan yang terhenti atau mogok di tengah jalan. Kemudian, para pengendara motor yang tidak sabar dan tak mengikuti jalur alternatif yang diarahkan kepolisian.


Selain itu, faktor libur panjang juga disebut menjadi salah satu penyebab warga dari luar Bogor mendatangi kawasan puncak untuk berlibur. Sehingga menimbulkan kepadatan lalu lintas. (dw/*)