Waka Polda Sumut dan Kasdam I/BB Ingatkan Pengurus Vihara ,.. -->

Breaking news

Live
Loading...

Waka Polda Sumut dan Kasdam I/BB Ingatkan Pengurus Vihara ,..

Tuesday 1 February 2022

dok. istimewa/ Waka Polda Sumut dan Kasdam I/BB Ingatkan Pengurus Vihara Jangan Kendorkan Aturan Prokes Selama Ibadah Imlek, (02/1).


Medan - Waka Polda Sumut Brigjen Pol Dadang Hartanto dan Kasdam I/BB Brigjen TNI Purwito Hadi Wardhono meninjau sejumlah vihara di Kota Medan pada malam Perayaan Imlek 2573 , Senin (31/1).


Dengan mengendarai sepeda motor trail, Waka Polda Sumut bersama Kasdam I/BB, PJU Polda Sumut, Kodam I/BB beserta personel TNI-Polri, meninjau Vihara Borobudur di Jalan Imam Bonjol. Setibanya di vihara, Brigjen Pol Dadang mengingatkan pengurus untuk memperketat protokol kesehatan kepada seluruh Umat Buddha yang melaksanakan ibadah Imlek.


Usai meninjau Vihara Borobudur, Waka Polda Sumut bersama Kasdam I/BB melanjutkan perjalan menuju ke Vihara Gunung Timur Jalan Hang Tuah. Di lokasi, mantan Kapolrestabes Medan ini juga mengingatkan pengurus untuk tidak mengendorkan aturan protokol kesehatan karena situasi masih dalam penyebaran pandemi Covid-19.


Setelah menyampaikan imbauan prokes di Vihara Gunung Timur, Brigjen Pol Dadang Hartanto bersama Kasdam I/BB bergerak ke Vihara Setiabudi, Jalan Irian Barat, Kecamatan Medan Timur. Setibanya di lokasi rombongan disambut pengurus vihara bersama Kapolsek Medan Timur Kompol Rona Tambunan.


Pantauan di lapangan, Brigjen Pol Dadang Hartanto dan Brigjen TNI Purwito Hadi berkesempatan melihat Umat Buddha tengah menjalankan ibadah Imlek. Kemudian menyampaikan pesan kepada agar tetap mematuhi protokol kesehatan.


Tidak sampai di situ, iring-iringan Waka Polda Sumut dan Kasdam I/BB juga mengecek situasi di Vihara Meitreya, Kompleks Cemara Asri, Jalan Cemara, Kecamatan Percut Seituan, untuk memastikan Umat Buddha yang melaksanakan ibadah malam Imlek tetap mematuhi protokol kesehatan.


"Kedatangan kita untuk menyampaikan imbauan serta memastikan aturan protokol kesehatan tetap berjalan di vihara ini," ucap Brigjen Pol Dadang Hartanto kepada pengurus Vihara Meitreya.


Tidak ketinggalan, Waka Polda Sumut dan Kasdam I/BB turut memberikan bingkisan sebagai bentuk perhatian pimpinan kepada personel yang tengah menjalankan tugas pengamanan Imlek.


Usai meninjau sejumlah vihara di Kota Medan, Waka Polda Sumut, Brigjen Pol Dadang Hartanto, mengatakan ada 393 vihara yang berada di Sumatera Utara dan 126 berada di Kota Medan.


"Malam ini saya bersama Kasdam I/BB, Satpol PP beserta unsur pemerintah meninjau beberapa vihara prioritas untuk memastikan prokes selama pelaksanaan ibadah Imlek karena situasi masih dalam pandemi Covid-19," katanya.


Dadang mengungkapkan, selama Perayaan Imlek Polda Sumut dan Kodam I/BB menurunkan 2.289 personel TNI-Polri untuk melaksanakan pengamanan di vihara-vihara yang ada di Kota Medan, Sumatera Utara.


"Hasil peninjau yang dilakukan rata-rata vihara sudah mematuhi protokol kesehatan. Walaupun begitu tetap disampaikan imbauan prokes pada pelaksanaan ibadah Imlek. Tidak boleh kendor, termasuk mengurangi aktivitas masyarakat dan mengimbau tetap di rumah  karena situasi masih dalam pandemi Covid-19," ungkapnya.


"Tentunya Polda Sumut dan Kodam I/BB akan bekerja keras memberikan rasa aman kepada masyarakat yang merayakan Imlek serta menekan penyebaran Covid-19," pungkasnya. (dw/*)