Kemacetan menuju pelabuhan Merak capai 10 kilometer, Ini penyemabnya -->

Breaking news

Live
Loading...

Kemacetan menuju pelabuhan Merak capai 10 kilometer, Ini penyemabnya

Friday 29 April 2022

dok. istimewa/ Ini sebenarnya dampak dari derasnya kendaraan masyarakat yang bereuforia melaksanakan Lebaran 2022, (29/4/2022).


Jakarta - Kemacetan sempat terjadi di Tol Tangerang-Merak dan jalur arteri menuju Pelabuhan Merak. Kemacetan mencapai 10 kilometer di jalur arteri.


Pada tengah malam pukul 00.00 WIB, kemacetan di Tol Tangerang Merak hingga kilometer 92 atau melebihi exit tol Cilegon Barat. Kendaraan baik bus dan mobil pribadi pun dialihkan ke jalur arteri bercampur dengan kendaraan roda dua.


Dirlantas Polda Banten Kombes Budi Mulyanto menyebut kemacetan itu terjadi karena arus kendaraan ke pelabuhan yang tinggi. Selain itu, ditambah tingginya euforia masyarakat untuk mudik melalui pelabuhan.


"Ini sebenarnya dampak dari derasnya kendaraan masyarakat yang bereuforia melaksanakan Lebaran 2022," kata Budi kepada detikcom di lokasi kemacetan dekat exil tol Cilegon Barat, Jumat (29/4/2022).


Dia menyebut sampai pukul 19.00 WIB pada Kamis (28/4) malam kendaraan yang masuk ke Tol menuju Merak dari Cikupa mencapai 50 ribu kendaraan. Kemacetan terjadi juga karena adanya keterbatasan jumlah kapal di pelabuhan sehingga kurang menampung kendaraan.


"Ada keterbatasan di antaranya perpindahan moda transportasi dari darat ke laut, kita ketahui ada keterbatasan jumlah kapal, kemudian terkait regulasi, debit kendaraan dan daya tampung pelabuhan itu sendiri," tambahnya.


Meski terjadi kemacetan, Budi meminta pemudik untuk mematuhi imbauan dari petugas. Polisi akan melakukan rekayasa lalu lintas jika sepanjang tol dan arteri mengalami kepadatan termasuk jika sampai ke pintu tol di Serang Barat.


"Pasti manajemen lalu lintas kita laksanakan mulai dari beberapa ruas jalan tertentu mulai exit tol Cilegon Barat, Cilegon timur, sampai Serang Barat, ini masuk kategori manajemen kontigensi yang kita buat masuk kategori merah," pungkasnya.


Di jalur arteri pukul 03.00 WIB kemacetan masih terjadi mulai dari kawasan industri Krakatau Steel. Kendaraan masih antri memasuki Pelabuhan Merak yang jaraknya kurang lebih 10 kilometer. (dw/*)