Demo mahasiswa tolak kenaikan BBM, ini yang disampaikan,.. -->

Breaking news

Live
Loading...

Demo mahasiswa tolak kenaikan BBM, ini yang disampaikan,..

Monday 12 September 2022

dok. istimewa/ Tuntutan yang pertama adalah menolak dengan tegas kenaikan harga BBM bersubsidi. Kedua, menunda pembangunan ibu kota negara (IKN) untuk memprioritaskan anggaran, (12/9).


Jakarta -- Sejumlah mahasiswa menggelar demo di sekitar Patung Kuda, Jakarta Pusat (Jakpus). Massa membawa sejumlah tuntutan yang disampaikan.



Senin (12/9/2022), mahasiswa tiba sekitar pukul 15.50 WIB. Mereka terlihat berjalan dari arah Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakpus.


Sebelum menyampaikan tuntutannya, massa menginginkan agar demo bisa digelar secara kondusif.


"Sampaikan aspirasi rakyat dengan cara yang damai, sampaikan aspirasi rakyat dengan cara yang santun," kata salah satu orator dari atas mobil komando.


Tuntutan yang pertama adalah menolak dengan tegas kenaikan harga BBM bersubsidi. Kedua, menunda pembangunan ibu kota negara (IKN) untuk memprioritaskan anggaran.


"Menunda pembangunan IKN untuk memprioritaskan anggaran pada upaya stabilisasi kondisi sosial ekonomi masyarakat," demikian salah satu poin tuntutan mahasiswa.


Tuntutan ketiga, mahasiswa menuntut ada realokasi anggaran belanja kementerian atau lembaga yang tidak produktif.


Tuntutan terakhir, mendorong pemerintah memastikan energi berbasis minyak dan gas bumi di dalam negeri terpenuhi secara mandiri.


Diberitakan sebelumnya, polisi bakal mengerahkan total 6.142 personel untuk pengawalan dan penjagaan aksi demonstrasi kenaikan harga BBM. Salah satu yang akan dikawal yakni aksi PA 212 bersama ormas lainnya di Istana Negara.


"Kemudian untuk perkuatan pasukan yang diturunkan 6.142 personel," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan. (dw/*)