3.984 Peserta Ikuti Seleksi PPPK Nakes di Kota Probolinggo -->

Breaking news

Live
Loading...

3.984 Peserta Ikuti Seleksi PPPK Nakes di Kota Probolinggo

KAPERWIL MEDIA INVESTIGASI JATIM
Sunday 18 December 2022


Probolinggo  - Sebanyak 3.984 orang peserta mengikuti seleksi penerimaan calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tenaga kesehatan tahun 2022 yang diselenggarakan Badan Kepegawaian Negara Regional Wilayah (BKN Kanregwil). Di Jawa Timur ada 6 titik pelaksanaan tes PPPK, salah satunya di Kota Probolinggo, yakni di Gedung Widya Harja.


Seleksi kompetensi PPPK menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) ini mulai sejak 10 Desember untuk tenaga kesehatan seperti perawat, bidan, dokter dan tenaga administrasi kesehatan. Ditemui saat pelaksanaan tes berlangsung, Sabtu (17/12) pagi, Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Wahono mengungkapkan rasa syukurnya. Pasalnya Kota Probolinggo dipercaya sebagai tuan rumah pelaksanaan tes kompetensi PPPK dari beberapa wilayah kota. 


“Probolinggo kota ditunjuk oleh Panselnas (Panitia Seleksi Nasional) sebagai salah satu titik lokasi penerimaan seleksi dari kabupaten/kota di luar Kota Probolinggo. Saya mengucapkan syukur alhamdulillah dari kemarin tanggal 10-17 Desember, penyelenggaraan ini berjalan dengan lancar dan sukses,” ucap Wahono.


Bukan tanpa sebab jika ia begitu mensyukuri pelaksanaan tes seleksi PPPK di Kota Mangga ini. Menurutnya, banyak peserta maupun panitia seleksi tes menginap disini. “Kita ketahui bersama mereka menginap di Kota Probolinggo dapat meningkatkan para pelaku usaha penginapan maupun pelaku UMKM. Minimal peserta menginap sehari, sedangkan panitia dari BKN menginap delapan hari.


Mudah-mudahan tahun depan masih diberikan suatu kepercayaan oleh BKN pusat melalui Kanregwil ini,” ujarnya. Ia berharap sisa tenaga PPPK yang tidak lolos pelaksanaan tes tahun ini bisa mengikuti tes di tahun depan. 



Sementara itu, Analis Kepegawaian Muda BKPSDM Mirza Nurul Halila menjelaskan secara teknis pelaksanaan tes. Sebelumnya para peserta menunjukkan sertifikat vaksin COVID-19 kemudian menuju penitipan barang dan mengikuti ujian seleksi kompetensi (manajerial dan sosiokultural) dan juga tes wawancara. Semuanya menggunakan soal-soal pilihan ganda. Waktu ujian 130 menit, dimulai pukul 08.00 WIB berakhir pukul 10.10 WIB. Untuk instansi Pemerintah Kota Probolinggo membutuhkan tenaga kesehatan sebanyak 100 orang, sementara total pelamar adalah 237 orang.