Banwaslu gandeng Wartawan Lumajang Jagong Bareng Kawal Damai Pemilu 2024 di Warung Pondok Asri -->

Breaking news

Live
Loading...

Banwaslu gandeng Wartawan Lumajang Jagong Bareng Kawal Damai Pemilu 2024 di Warung Pondok Asri

KAPERWIL MEDIA INVESTIGASI JATIM
Monday 5 December 2022

dok. istimewa (5/12/2022).

Lumajang - Meskipun pelaksanaan Pemilian Umum ( pemilu ) masih lama, namun tahapan tahapanya sudah mulai berjalan.

Untuk kali ini berada di tahapan sosialisasi penyusunan dapil.

Hal ini dilakukan Badan Pengawas Pemilu ( Banwaslu ) Lumajang dengan menggandeng Wartawan baik dari media cetak maupun online, elektronik tv dan radio untuk melakukan pengawasan partisipatif.


Pengawasan Partisipatif merupakan wadah kolaborasi antara Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dengan masyarakat dalam meningkatkan fungsi pencegahan dan pengawasan.


Hal ini disampaikan ketua Bawaslu Kabupaten Lumajang Amin Shobari pada kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Bawaslu Lumajang sebagai wujud nyata Implementasi Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 bertempat di Pondok Apung, Kecamatan Sukudono  Kabupaten  Lunajang, Senin (5/12/2022).



Acara dihadiri oleh ketua Banwaslu beserta komisioner, Jojo Rohi aktifitas demokrasi,  Abhan, wartawan lumajang baik dari cetak dan online , media elektonik baik tv maupun radio peserta yang berasal dari berbagai unsur masyarakat.


Acara dengan menghadirkan dua nara sumber yakni, Jojo Rohi aktifitas demokrasi dan Abhan mantan Ketua Banwaslu Republik Indonesia.


Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat sadar akan pentingnya menjaga perilaku yang dapat merusak sendi-sendi demokrasi, sehingga mampu mendorong Pemilu yang berkualitas dan bermartabat.


“Di sini kita sadar bahwa bawaslu tidak dapat melakukan pengawasan secara optimal dikarenakan keterbatasan personel, sehingga membutuhkan peran serta masyarakat agar turut andil dalam melakukan pengawasan,” ucap Amin


Diharapkan kegiatan ini memberikan kesadaran partisipasi masyarakat untuk melakukan pengawasan mengawal proses demokrasi ke arah yang lebih baik.


“Keterlibatan masyarakat dalam setiap tahapan pemilu menjadi langkah strategis untuk mengawal proses demokrasi sehingga dapat menghasilkan pemimpin yang amanah dan berkualitas,” pungkas Amin


Diakhir acara, dilanjutkan dengan penanda tangan deklarasi kawal pemilu damai yang diawali ketua Banwaslu Lumajang dilanjutkan komisioner dan ketua wadah media Lumajang yaki Forji, Jinlu, IWL dan Kompi dan semua insan pers Lumajang.

 ( Dyh)