Bupati Cellica Nurrachadiana ingin lahan budidaya di wilayah selatan Karawang jadi sentra ternak -->

Breaking news

Live
Loading...

Bupati Cellica Nurrachadiana ingin lahan budidaya di wilayah selatan Karawang jadi sentra ternak

Thursday 15 December 2022

dok. istimewa: Rencana itu juga tengah digodok dalam rancangan revisi Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2013 tentang Tata Ruang Tata Wilayah (RTRW) Karawang (15/12).


Karawang - Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana ingin lahan budidaya di wilayah selatan Karawang  jadi sentra ternak. Salah satunya untuk menyuplai kebutuhan daging Jakarta.


Rencana itu juga tengah digodok dalam rancangan revisi Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2013 tentang Tata Ruang Tata Wilayah (RTRW) Karawang. Adapun wilayahnya yakni lahan kawasan budidaya di Tegalwaru dan Pangkalan.


Lahan-lahan itu tidak masuk dalam pola ruang kawasan lindung dan konservasi yang juga diatur dalam pola ruang RTRW.

"Kami ingin Karawang selatan (di luar kawasan lindung) jadi sentra ternak. Terutama sapi dan domba," kata Cellica dalam sambutan kunjungan kerja Wakil Menteri Pertanian RI di Batujaya, Karawang, Rabu (14/12/2022).


Hal ini untuk menambah persediaan daging di wilayah Jawa Barat dan DKI Jakarta. Sebab, lokasi Karawang strategis dan hanya berjarak sekitar 40 kilometer dari DKI Jakarta. Karawang pun berada di tengah-tengah Jabar.


Apalagi, konektivitas atau akses dari dan menuju Karawang menurut Cellica memadai. Misalnya adanya proyek strategis nasional (PSN) Jakarta-Cikampek Selatan dan lainnya.


"Jadi pilot project sentra ternak Pak Wamentan," beber dia.

Selain untuk memenuhi suplai daging Jabar dan DKI Jakarta, langkah itu diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah itu.


Cellica pun meminta dukungan Kementerian Pertanian RI agar rencana itu terlaksana.


Wakil Menteri Pertanian RI Harvick Hasnul Qolbi menyebut, rencana sentra ternak itu sangat mungkin, melihat lokasi Karawang dekat dengan Jakarta.


Sebab wilayah Bekasi dinilai tak lagi memungkinkan lantaran lebih condong ke kota industri.


"Itu mungkin sekali. Makanya saya keliling untuk menyerap (aspirasi)," ungkap Harvick.


Harvick mengatakan, akan menyampaikan usulan Bupati Cellica ke Pemerintah Pusat.


"Mohon dikawal diingatkan saya, tentu dengan kawan-kawan DPR, untuk sentra ternak utamanya sapi dan domba," kata Harvick. (dw/*)