Diduga terlibat suap pengurusan Alokasi Dana Hibah APBD, Wakil Ketua DPRD Jatim di tangkap KPK -->

Breaking news

Live
Loading...

Diduga terlibat suap pengurusan Alokasi Dana Hibah APBD, Wakil Ketua DPRD Jatim di tangkap KPK

Thursday 15 December 2022

dok. istimewa: KPK menangkap sejumlah pihak yang salah satunya adalah Sahat Simanjuntak serta beberapa pihak yang merupakan staf ahli DPR dan pihak swasta (15/12).


Jakarta - KPK menangkap Wakil Ketua DPRD Jawa Timur (Jatim) Sahat Tua Simanjuntak (STS) dalam operasi tangkap tangan di Surabaya tadi malam. Dia diduga terlibat suap pengurusan alokasi dana hibah bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Jawa Timur (APBD Jatim).


"Terkait dugaan tindak pidana korupsi suap pengurusan alokasi dana hibah bersumber dari APBD Jatim," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Kamis (15/12/2022).


Ali membenarkan bahwa dalam OTT itu KPK menangkap sejumlah pihak yang salah satunya adalah Sahat Simanjuntak serta beberapa pihak yang merupakan staf ahli DPR dan pihak swasta.


"Sejauh ini ada 4 orang yang sudah ditangkap. Benar salah satunya pimpinan DPRD Jatim. Selain itu ada 3 orang lainnya yang turut pula diamankan terdiri staf ahli di DPRD dan swasta," jelas Ali.


Diketahui, salah satu pihak yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) adalah Wakil Ketua DPRD Jawa Timur (Jatim). Hingga kini, tim KPK masih memeriksa yang bersangkutan.


"Sementara ini penyelidik KPK masih melakukan pemeriksaan. Mohon bersabar. Untuk keterangan lebih lengkap, pada saatnya kami akan umumkan setelah selesai proses pemeriksaan," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron kepada wartawan, Kamis (15/12).


Ghufron mengatakan KPK melakukan upaya hukum penangkapan terhadap Wakil Ketua DPRD Jatim itu di Surabaya pada Rabu (14/12) malam. Pihak yang diamankan itu diduga terkait tindak pidana korupsi terhadap seseorang yang diduga penyelenggara negara.


Sebelumnya, KPK melakukan OTT di Surabaya, Jawa Timur. Dalam OTT itu, KPK mengamankan sejumlah pihak.


"Benar, tadi malam, KPK lakukan tindakan tangkap tangan terhadap beberapa pihak di Surabaya, Jatim," kata juru bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Kamis (15/12/2022).


Ali mengatakan saat ini tim KPK masih terus mengumpulkan bahan keterangan dari pihak-pihak yang diamankan.


"Setelahnya, pasti kami sampaikan lengkap hasil kegiatan tersebut sebagai bagian dari keterbukaan informasi KPK kepada masyarakat," ucapnya. (dw/*)