Disebut Dibekingi Sosok Yang Mengerikan,... Isu 20 Titik Penambangan  Pasir Ilegal Di Klaten -->

Breaking news

Live
Loading...

Disebut Dibekingi Sosok Yang Mengerikan,... Isu 20 Titik Penambangan  Pasir Ilegal Di Klaten

Thursday 1 December 2022

dok. istimewa, ilustrasi (1/12/2022) Aktivitas tambang ilegal tersebut dibekingi oleh sosok yang mengerikan. Bahkan, Bupati Klaten pun kerap kali mengeluh padanya.


Klaten - Pernyataan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, saat merespons isu tambang Ilegal di Klaten dengan berkata bekingnya ngeri ditanggapi Polres Klaten. Berikut ini pernyataan Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo.


"Ini kita sudah koordinasi dengan jajaran serse, dengan pemerintah daerah, dengan pemerintah provinsi untuk melakukan pengecekan langsung di lapangan seperti apa. Kalau memang ada, ya kita tunggu penanganan lebih lanjut," ungkap Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo kepada wartawan di sela acara pengiriman bantuan 5 truk ke Cianjur di Mapolres Klaten, Senin (28/11/2022).


Dijelaskan Eko, lintas instansi sudah sepakat untuk cek. Tapi untuk menangani tambang tidak cukup Polri sendiri karena terkait banyak instansi.


"Kita sepakat. Tidak hanya Polri sendiri karena ada terkaitan semuanya, ini kita harus sama-sama melakukan penyelidikan dengan instansi lainnya," kata Eko.


Eko menegaskan Polres menjadikan persoalan tambang ilegal sebagai atensi. Hal itu sesuai dengan atensi Kapolri dan Kapolda.


"Tentu kita atensi. Itu atensi Kapolri dan Kapolda, kita tindak sesuai prosedur dan semuanya disitu (lereng Gunung Merapi),'' imbuh Eko.


Sebelumnya diberitakan, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menanggapi unggahan seorang netizen di media sosial Twitter soal tambang ilegal di Klaten, Jawa Tengah. Gibran menyebut sudah pernah mendapatkan keluhan serupa.


Pemilik akun Twitter yang bernama Mr Agus @amr715882 meminta Gibran menyampaikan pada Presiden Joko Widodo perihal adanya aktivitas tambang ilegal di Klaten, Jawa Tengah.


"Mas.. sampe kan ke pak @jokowi untuk menindak tambang pasir ilegal yang ada di Kab. Klaten," tulis akun tersebut yang dilihat detikJateng pada Minggu (27/11).


Dia juga mengatakan terdapat lebih dari 20 titik lokasi penambangan ilegal, tetapi tidak ditindak tegas. Dia pun turut menandai akun Twitter resmi Kapolri Listyo Sigit dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di unggahannya itu.


"Lebih dari 20 titik lokasi... tp dibiarkan.. @ListyoSigitP @ganjarpranowo," tulisnya.


Gibran pun merespon keluhan akun Twitter tersebut. Menurutnya, aktivitas tambang ilegal tersebut dibekingi oleh sosok yang mengerikan. Bahkan, Bupati Klaten pun kerap kali mengeluh padanya.


"Ya pak. Ini bupati juga beberapa kali mengeluh ke saya. Backingan nya ngeri," kata Gibran. (dw/*)